Dayah RUMI Kuala Trang Peringati Maulid Nabi, Dimeriahkan dengan Berbagai Lomba

0
191

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Munirul Islam (RUMI) Kuala Trang yang berlokasi di Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 bertepatan dengan 12 Rabi’ul Awal 1444 H.

Peringatan Maulid Nabi tersebut dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh santri TPQ & Rumah Tahfidz Dayah RUMI Kuala Trang yang diadakan sejak hari Rabu, 5 Oktober 2022. Lomba yang diadakan antara lain: lomba pidato, baca kitab, tartil, azan, hafalan juz 30, hafalan surat pendek, hafalan do’a sehari-hari, dan mewarnai masjid.

Tgk. Rahmat Saputra, pendiri Dayah RUMI mengatakan kegiatan ini semata-mata untuk memperingati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW.

“Lahirnya Nabi menjadi Rahmat bagi seluruh alam, karena itu kita wajib bersyukur dan berbahagia dengan kelahirannya. Peringatan Maulid ini adalah bentuk cinta kita, bentuk kebahagian kita dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW,” kata Tgk. Rahmat yang juga Ketua STAI Darul Hikmah Aceh Barat.

Wakil Ketua HUDA Aceh Barat ini juga menjelaskan bahwa berbagai macam lomba yang diadakan juga untuk membahagiakan & memotivasi santri, karena semua yang ikut pasti mendapatkan hadiah.

“InsyaAllah setiap tahun Dayah RUMI akan mengadakan lomba. Tujuannya untuk membahagiakan santri, melatih mental/keberanian & menguji ilmu yang telah mereka pelajari selama mengaji di TPQ & Rumah Tahfidz Dayah RUMI. Tentu saja harapannya mereka semakin termotivasi untuk belajar & mengaji. Termasuk menghafal Al-Qur’an & membaca kitab,” tambahnya.

Peringatan Maulid perdana di Dayah RUMI Kuala Trang tersebut mengundang penceramah kondang dari Meulaboh, yaitu Tgk. Syahwaludin, MA, alumni Dayah Darul Hikmah Islamiyah yang kemudian melanjutkan pendidikan pasca sarjana di Fatony University, Thailand.

Hadir dalam acara tersebut Keuchik Gampong Kuala Trang, Tuha Peut, Imam Chiek, Imam Meunasah, Imam Mukim, Wali Santri dan Masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan