Gebyar Lomba Islami Gampong Lapang Resmi Dimulai!

0
1653

Gebyar lomba islami dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di TPA Dayah RUMI (Raudhatul Ulum Munirul Islam) Ujong Beurasok Lapang resmi dimulai pada hari minggu 20/11/2022. Hari pertama diawali dengan lomba mewarnai masjid yang diikuti oleh 260 peserta.

Lomba ini berlangsung sejak tanggal 20 sampai dengan 27 November 2022 dan dapat diikuti oleh seluruh pelajar SD/MIN & TK yang tinggal atau sekolah atau mengaji di Gampong Lapang, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

Ketua PHBI yang juga pengasuh TPA Dayah RUMI, Ustazah Ummi Habibah, M.Pd.I mengatakan ada 405 peserta yang telah mendaftar secara online.

“Alhamdulillah masyarakat Gampong Lapang sangat antusias dengan diadakannya gebyar lomba Islami. Yang daftar secara online saja ada 405 peserta, belum lagi yang daftar langsung. Secara keseluruhan hampir 500 peserta yang mengikuti lomba ini,” jelasnya.

Ia juga mengatakan lomba seperti ini akan diadakan setiap tahun di Gampong Lapang untuk memotivasi & membahagiakan murid agar mereka semakin semangat belajar & mengaji.

“Dalam perlombaan ini, kami membuat aturan yang membolehkan peserta mengikuti sebanyak mungkin lomba yang diinginkan, walaupun nanti akan dipilih 1 lomba dengan nilai tertinggi. Tujuannya untuk melatih mental, mengetahui minat & mengasah bakat mereka. Disamping itu, peluang untuk mendapatkan juara juga semakin besar,” kata alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo yang kini menjadi dosen tetap di STAIN Meulaboh.

Lomba yang diselenggarakan antara lain: lomba azan, mewarnai masjid, pidato, baca kitab jawo, tilawah, tartil, hafalan juz 30, hafalan surat pendek, hafalan do’a sehari-hari, cerdas cermat, dan berhitung cepat. Sistem penilaian dibagi berdasarkan klasifikasi tingkatan kelas.

Ustazah Adelfa, M.Pd, ketua panitia mengatakan puncak peringatan maulid nabi akan diadakan pada hari minggu pagi, 27 November 2022. Acara akan diisi dengan sholawat, ceramah agama & pembagian hadiah kepada seluruh peserta lomba yang disponsori oleh BIMBEL RUMI & Zahira Kids Shop, pusat baju anak terupdate di Kota Meulaboh.

Acara akan dipusatkan di TPA Dayah RUMI yang menempati areal seluas ± 1 Ha di Ujong Beurasok, Gampong Lapang yang diharapkan menjadi lembaga pendidikan unggulan di Aceh Barat dengan manajemen pendidikan yang baik & terintegrasi dengan konsep belajar sambil bermain di alam.

Tinggalkan Balasan