Dayah RUMI Adakan Program Pondok Ramadhan di Aceh Barat & Nagan Raya

0
10833

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Munirul Islam (RUMI) mengadakan program Pondok Ramadhan 2023 dalam rangka mengajak anak-anak & remaja untuk mengisi waktu di Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif & bermanfaat.

Tgk. Rahmat Saputra, pendiri Dayah RUMI di Meulaboh, pada Senin 13/03/2023 menjelaskan kegiatan ini ditujukan kepada pelajar setingkat SD & SMP yang berdomisili di Aceh Barat dan Nagan Raya untuk mengisi waktu luang di Bulan Ramadhan.

“Kegiatan Pondok Ramadhan 2023 ini akan dimulai pada hari senin, 27 Maret 2023. Kami ingin agar anak-anak dan remaja dapat mengisi waktu di Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang positf dan bermanfaat serta bernilai ibadah. Diantara kegiatan tersebut antara lain: belajar mengaji dengan metode Iqra’ sistem kelas/tingkatan, tahsin & tahfidz Al-Qur’an, mengaji kitab jawo, belajar Bahasa Arab atau Bahasa Inggris, sholat berjama’ah, dan praktek Ibadah lainnya,” jelas Tgk. Rahmat yang juga Ketua STAI Darul Hikmah.

Kegiatan Pondok Ramadhan 2023 ini dipusatkan di 2 tempat yang berbeda. Yaitu di Dayah RUMI Gampong Lapang Aceh Barat dan Dayah RUMI Gampong Kuala Trang Nagan Raya

Ustazah Ummi Habibah yang juga pengasuh di Dayah RUMI mengatakan kegiatan Pondok Ramadhan ini merupakan kesempatan istimewa bagi pelajar SD & SMP di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya.

“Kami ingin anak-anak & remaja mengisi waktu di bulan ramadhan dengan belajar. Karena itu kami berusaha menjadikan TPA Dayah RUMI sebagai tempat belajar yang menyenangkan, termasuk metode belajar. Dalam pondok ramadhan nanti, juga ada Story telling atau kisah islami untuk menanamkan karakter yang baik & akhlak terpuji kepada anak-anak melalui cerita atau kisah islami,” tambah Direktur BIMBEL RUMI yang juga dosen di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sejak awal berdiri yayasan tahun 2019, Dayah RUMI aktif menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi para pelajar & masyarakat umum. Baik secara langsung, maupun secara online. Bulan Ramadhan tahun 2020 lalu, Dayah RUMI menyelenggarakan kegiatan Pesantren Online yang diikuti oleh para pelajar se-Aceh. Selama pandemi COVID-19 Dayah RUMI juga aktif mengadakan pengajian online, webinar dan konferensi internasional.

Kehadiran Dayah RUMI melalui program-programnya disambut antusias oleh para pelajar. Nurfitri Zartiyana, salah seorang pelajar yang mengikuti program Dayah RUMI tahun 2020 mengatakan ia sangat senang belajar di Dayah RUMI selama Ramadhan.

“Pengalaman saya belajar di Pesantren RUMI sangat menyenangkan karena bisa mendapatkan pemahaman ilmu agama langsung dari ustadz dan ustadzah di Pesantren, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah,” kata Nurfitri.

Program pondok ramadhan 2023 yang diadakan Dayah RUMI ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh semua pelajar setingkat SD & SMP. Pembelajaran dilakukan setiap hari, kecuali hari minggu, mulai jam 14.30 s/d 17.30. Pendaftaran secara online melalui: https://bit.ly/rumi2023

Tinggalkan Balasan