Ketua STAI Darul Hikmah Kembali Terpilih sebagai Wakil Ketua FKP-PTKIS Aceh

0
958

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Himah Aceh Barat Dr. Tgk Rahmat Saputra kembali terpilih sebagai wakil ketua Forum Komunikasi Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FKP-PTKIS) Aceh masa bakti 2023-2025, mendampingi ketua forum terpilih yaitu Dr. Tgk Muhammad Yasir, S.Hi, MH

Surat Keputusan (SK) dibacakan langsung Sekretaris Kopertais Dr. Bustami Abu Bakar, M.Hum dan dilantik oleh Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag dan disaksikan oleh Wakor Dr. Ismail Anshari, MA. Dalam pelantikan Forum Pimpinan PTKIS Aceh turut hadir para unsur pimpinan dari berbagai PTKIS se-Aceh.

Dalam sambutan dan arahan Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag. selaku Koordinator Kopertais wilayah V Aceh menyampaikan bahwa; PTKIS Aceh harus mampu melaksanakan tata kelola yang baik di perguruan tinggi Swasta Aceh agar sesuai moratorium kemenag.

Perguruan Tinggi Swasta tidak hanya menambahkan jumlah perguruan tinggi secara kuantitas namun juga harus mampu meningkatkan SDM, mutu layanan akademik yang berkualitas diseluruh PTKIS yang ada di Aceh. Forum PTKIS Aceh memiliki legalitas yang tinggi untuk pengurusan PTKIS Aceh.

“Forum PTKIS Aceh memiliki legalitas dan otoritas yang tinggi untuk mendampingi PTKIS se-Aceh, karenanya para Pengurus Forum harus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas PTKIS,” terang Mujiburrahman.

Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag Ruchman Basori yang didaulat sebagai nara sumber mengatakan pentingnya PTKIS merespon demografi Indonesia, pasar kerja baru, perkembangan teknologi dan moderasi beragama.

Menurutnya, revolusi industri 4.0, memaksa adanya profesi baru dan sekaligus profesi lama yang akan punah, kebutuhan skill digital yang semakin meningkat sangat diperlukan.

Dihadapan puluhan Pimpinan PTKIS se-Aceh, Ruchman yang juga Alumni UIN Waliosngo mengharapkan agar para dosen meningkatkan keterampilan pembelajaran dengan pendekatan digital dan mengurus kepangkatan akademik fungsional dosen dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala hingga Guru Besar.

Program lain yang diutarakan Ruchman dalam pengembangan PTKIS adalah Beasiswa KIP Kuliah, Bantuan Sarpras PTKIS, Bantuan Lembaga Kemahasiswaan dan hibah penelitian dosen.

Hal lain yang dibicarakan dalam Pelantikan dan Raker Pimpinan PTKIS adalah terkait Sosialisasi BKD Dosen PTKIS Aceh, yang disampaikan oleh Dr. Abdul Hadi, M.Ag dan Dr. Muhammad Aminullah, M.A dipandu oleh Moderator Dr. Murni MPd.

Tinggalkan Balasan