Edu Talent Competition 2023 Resmi Ditutup! Ajang Mengasah Bakat dan Prestasi di Bidang Pendidikan

0
1247

Meulaboh, STAI Darul Hikmah Aceh Barat sukses menggelar Edu Talent Competition 2023. Perhelatan besar di Barat Selatan Aceh ini tak hanya menjadi panggung prestasi, tetapi juga langkah awal menuju puncak kreativitas para pendidik & peserta didik. Dengan 70 peserta berbakat dari Aceh Barat dan Nagan Raya, kompetisi ini menampilkan peserta-peserta terbaik dalam kategori Storytelling, Cendekiawan Cilik, Inovasi Alat Peraga Edukatif, Muhadatsah Bahasa Arab, dan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab. Secara keseluruhan acara ini selesai dilaksanakan pada Jum’at 15 Desember 2023.

Sambutan penutupan dari Ketua STAI Darull Hikmah yang diwakili oleh Wakil Ketua II STAI Darul Hikmah, Tgk. Yusdarman, MA, menggarisbawahi arti penting kegiatan ini sebagai tonggak awal pembentukan generasi unggul. “Kegiatan ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga langkah pertama untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi generasi baru, membekali mereka dengan keahlian khusus untuk menghadapi kompleksitas zaman,” jelasnya.

Ia melanjutkan “InsyaAllah kegiatan ini akan kita adakan setiap tahun, semoga kegiatan tahun-tahun berikutnya akan lebih meriah dan kompetitif. Setiap peserta telah menunjukkan bakat dan potensi yang sangat baik, maka semua peserta adalah juara, meski ada beberapa yang unggul sesuai dengan tema Edu Talent Competition tahun ini, Satu Cita, Karya dan Prestasi Bersama; Mewujudkan Generasi Kreatif dan Unggul,” ujar Tgk. Yusdarman, MA, dengan penuh semangat.

Ketua Panitia, Maria Fifi Yanti, M.I.Kom, mengatakan tema Edu Talent Competition ini adalah “Satu Cita, Karya, dan Prestasi Bersama; Mewujudkan Generasi Kreatif dan Unggul.” Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 11 hingga 15 Desember 2023 dan bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar lembaga pendidikan, meningkatkan kreativitas dan inovasi para Guru, Siswa, Santri, dan Mahasiswa Se-Barat Selatan Aceh.

“Saya mewakili seluruh panitia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menyukseskan & mendukung Edu Talent Competition & ICODS 2023 ini, khususnya kepada pihak sponsor PT MIFA Bersaudara, Bank BSI, Baitul Mal Aceh Barat, PT Agro Sinergi Nusantara dan semua donatur yang peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Aceh Barat. Termasuk juga rekan-rekan media yang ikut memberitakan acara ini seperti Serambi Indonesia, LPP RRI Meulaboh, dan media lainnya ” ujarnya.

Kategori Storytelling Tingkat Guru dan Mahasiswi PAUD/TK menampilkan Ary Astini, S.Pd (Guru PAUD Permata Bangsa) sebagai Juara 1, Nova Nindi Fadillah (Mahasiswi PIAUD STAI Darul Hikmah) sebagai Juara 2, dan Wilda Widiyanti, S.Pd (Guru TK dan Alumni Mahasiswi STAI DH) sebagai Juara 3.  Mereka semua telah membawakan cerita-cerita inspiratif penuh makna yang menggugah dewan juri.

Untuk kategori Cendekiawan Cilik (Cencil) tingkat PAUD/TK Se-Aceh Barat, dewan juri telah menetapkan M. Rafa Hadziq (Juara 1), Uwais Al-Gibran (Juara 2), dan Gebrina Riska Saragih (Juara 3) sebagai pemenang dengan pengetahuan mereka yang luar biasa.

Sedangkan kategori Inovasi Alat Peraga Edukatif (APE) tingkat Guru dan Mahasiswa PAUD/TK telah memunculkan kelompok Bunga Melati (Juara 1), kelompok Buah Zaitun (Juara 2), dan Kelompok Bunga Mawar (Juara 3) yang telah menciptakan alat peraga inovatif untuk mendukung pembelajaran.

Prodi Bahasa Arab menampilkan lomba dengan kategori Muhadatsah Bahasa Arab Tingkat Santriwan (i) se-Aceh Barat, dengan MTs Dayah Serambi Mekkah sebagai Juara 1, MAS Dayah ZUDI sebagai Juara 2, dan MTs Dayah Darul Hikmah Islamiyah sebagai Juara 3. Semua peserta menunjukkan keahlian dalam berbahasa Arab.

Terakhir, kategori Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Tingkat Mahasiswa (i) STAI Darul Hikmah menetapkan Irma Suriani sebagai Juara 1, Mailiza sebagai Juara 2, dan Ahmad Junaidi sebagai Juara 3. Kesemua pemenang telah menghadirkan solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media interaktif.

Semua peserta diharapkan untuk terus mengembangkan diri, terus berprestasi & berinovasi, dan tidak pantang menyerah ketika menghadapi tantangan. Dengan bakat dan potensi yang telah ditunjukkan, mereka diharapkan menjadi pionir dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk menciptakan generasi kreatif dan unggul.

Tinggalkan Balasan