3:43 am - Senin September 21, 2020

Dawuh Kyai

Terbaru on Dawuh Kyai
Saat Dihadapkan Dua Pilihan, KH Zaini Mu...

Saat Dihadapkan Dua Pilihan, KH Zaini Mun’im Lebih Memilih Ilmu ketim...

Setelah mondok di Pesantren Tebuireng, Jombang, kepada Hadhratus Syekh Hasyim Asy’ari, beliau berangkat ke Mekkah bersama keluarganya. Beliau mendalami lagi ilmu fiqih, ushul fiqh, hadis, tafsir, lughah, balaghah dan tasawuf, mengaji kepada beberapa syekh, di antaranya Syekh Umar Hamdani... baca yukk »

Ketika Gus Baha Berbicara tentang Filoso...

Ketika Gus Baha Berbicara tentang Filosofi Hidup

Tulisan ini adalah filosofi hidup menurut Gus Baha’, sebagaimana dirangkum oleh Gus Amak Pasuruan. Posisi apapun sama sekali bukan tujuan. Tidak menjadi apapun juga tidak masalah. Tidak dikenal orang juga tidak masalah. Tidak diakui keberadaannya juga tidak masalah. Tidak dihormati juga... baca yukk »

Thariqah dalam Pandangan Habib Luthfi Bi...

Thariqah dalam Pandangan Habib Luthfi Bin Yahya

Ma’rifat adalah “mengerti dan mengenal”. Mengerti belum tentu mengenal, tapi kalau mengenal sudah pasti mengerti. Jadi ma’rifat di sini adalah mengenal Allah Swt., seperti halnya kita mengetahui sifat-sifatNya, baik yang wajib, mustahil dan jaiz. Tapi pengenalan itu baru pondasi. Untuk... baca yukk »

Kiai Wadud, Sosok Kiai Pendidik

Kiai Wadud, Sosok Kiai Pendidik

 Hari ini (Senin, 15 Juni 2020) berita duka datang dari Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk Sumenep. Seorang Kyai yang alim dan istiqamah mendidik santri, guru kami semua, KH. Abdul Wadud Munir, wafat. Semoga semua amal baik beliau dilipatgandakan pahalanya dan semua dosa beliau diampuni.... baca yukk »

More from Dawuh Kyai

Saat Dihadapkan Dua Pilihan, KH Zaini Mun’im Lebih Memilih Ilmu ketimbang Emas

Setelah mondok di Pesantren Tebuireng, Jombang, kepada Hadhratus Syekh Hasyim Asy’ari, beliau berangkat ke Mekkah bersama keluarganya. Beliau mendalami lagi ilmu fiqih, ushul fiqh,... baca yukk »

Ketika Gus Baha Berbicara tentang Filosofi Hidup

Tulisan ini adalah filosofi hidup menurut Gus Baha’, sebagaimana dirangkum oleh Gus Amak Pasuruan. Posisi apapun sama sekali bukan tujuan. Tidak menjadi apapun juga tidak masalah.... baca yukk »

Thariqah dalam Pandangan Habib Luthfi Bin Yahya

Ma’rifat adalah “mengerti dan mengenal”. Mengerti belum tentu mengenal, tapi kalau mengenal sudah pasti mengerti. Jadi ma’rifat di sini adalah mengenal Allah Swt., seperti halnya... baca yukk »

Kiai Wadud, Sosok Kiai Pendidik

 Hari ini (Senin, 15 Juni 2020) berita duka datang dari Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk Sumenep. Seorang Kyai yang alim dan istiqamah mendidik santri, guru kami semua, KH.... baca yukk »

Habib Luthfi: Muslim adalah Orang yang Membuat Damai Sekitarnya

 Malam itu, aku beserta jamaah sowan kepada Maulana Al Habib Luthfi bin Yahya dikediaman yang di pekalongan. Karena begitu banyaknya jamaah dan tamu beliau yang sudah lama menunggu untuk... baca yukk »