7:46 pm - Senin April 6, 2020

Hukum

Terbaru on Hukum
Qoth’iy Dan Zhonniy

Qoth’iy Dan Zhonniy

Al-Qur`an menduduki posisi yang pertama dalam pengambilan dalil dari suatu kasus yang terjadi, harus mendahulukan al-Qur`an dari dalil-dalil lainnya. Jika didalam al-Qur`an tidak dijumpai, maka beralih kepada sumber yang kedua yaitu al-Sunnah dan demikian seterusnya. Artinya, al-Qur`an adalah... baca yukk »

Ahkâm Al-Qur`an: Bayân Tafsîliy Dan Bayâ...

Ahkâm Al-Qur`an: Bayân Tafsîliy Dan Bayân ‘Âm

Dalam menjelaskan hukum-hukum yang terkandung dalam al-Qur`an, Allah swt. kadangkala dengan rinci dan detail (بَيَانْ تَفْصِيْلِي). Misalnya hukum tentang ibadah dan hukum-hukum yang mirip dengan ibadah seperti hukum keluarga dan tentang warisan. Hal ini karena hukum-hukum... baca yukk »

Amal Soleh Dan Maksiat

Amal Soleh Dan Maksiat

Oleh: Imam Syafi’i Seseorang yang beriman dan pernah melakukan amal sholeh, kemudian dia melakukan suatu maksiat, maka menurut kalangan Ahlus Sunnah Wal Jamaa’ah perbuatan maksiat tersebut tidak menghapus perbuatan baik yang pernah dilakukannya. Mereka berlandas pada firman Allah swt:... baca yukk »

Kajian Fiqih Jinayah; Al-Mabda’ Dan At-T...

Kajian Fiqih Jinayah; Al-Mabda’ Dan At-Tathbīq

Oleh: Imam Syafi’i, M.H Dr. Fathiyu al-Daroiny mengatakan, bahwa terdapat dua hal dalam pensyari`atan hukum, pertama; mabda’ (prinsip dasar dan tujuan utama) dan kedua, Tathbīq (bentuk dan operasional). Jika bentuk operasional tidak bisa diaplikasikan disebabkan faktor lingkungan dan... baca yukk »

More from Hukum

Qoth’iy Dan Zhonniy

Al-Qur`an menduduki posisi yang pertama dalam pengambilan dalil dari suatu kasus yang terjadi, harus mendahulukan al-Qur`an dari dalil-dalil lainnya. Jika didalam al-Qur`an tidak dijumpai,... baca yukk »

Ahkâm Al-Qur`an: Bayân Tafsîliy Dan Bayân ‘Âm

Dalam menjelaskan hukum-hukum yang terkandung dalam al-Qur`an, Allah swt. kadangkala dengan rinci dan detail (بَيَانْ تَفْصِيْلِي). Misalnya hukum tentang ibadah dan... baca yukk »

Amal Soleh Dan Maksiat

Oleh: Imam Syafi’i Seseorang yang beriman dan pernah melakukan amal sholeh, kemudian dia melakukan suatu maksiat, maka menurut kalangan Ahlus Sunnah Wal Jamaa’ah perbuatan maksiat... baca yukk »

Kajian Fiqih Jinayah; Al-Mabda’ Dan At-Tathbīq

Oleh: Imam Syafi’i, M.H Dr. Fathiyu al-Daroiny mengatakan, bahwa terdapat dua hal dalam pensyari`atan hukum, pertama; mabda’ (prinsip dasar dan tujuan utama) dan kedua, Tathbīq... baca yukk »

Qurban Hewan Jantan atau Betina? Simak Penjelasannya

Hari Raya Qurban semakin dekat. Saat membeli hewan qurban, tentu kita diharuskan untuk memilih & memastikan sendiri bahwa hewan yang akan kita jadikan sebagai hewan kurban tersebut memenuhi... baca yukk »