4:00 pm - Jumat September 19, 1445

Sekolahkan Anak-anak Miskin dengan Modal Sampah

1590 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Permasalahan sampah seringkali menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Tetapi di tangan aktivis Gerakan Pemuda Ansor Noor Kudus, Ahsin, sampah justru mendatangkan manfaat.

Ahsin memberi perhatian terhadap sampah di daerahnya Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sejak 1 Maret 2013 lalu, dirinya mendirikan bank sampah sebagai tempat penampungan barang-barang bekas yang sudah tidak berguna.

Dari usaha dengan nama bank sampah anti DO (drop out) ini, ia mampu menyekolahkan anak-anak yang kurang mampu. “Caranya, barang bekas yang sudah terkumpul dijual, uangnya untuk bayar SPP anak-anak,” kata Ahsin kepada NU Online, Sabtu (4/1).

Ahsin menjelaskan, pendirian bank sampah ini sebagai bentuk pengabdian dan kepeduliaan terhadap lingkungan. “Secara khusus, sampah yang dipandang sebelah mata bisa kita ambil sisi ekonomis yang menguntungkan dan berdaya guna,” terangnya.

Ahsin yang juga guru MANU Miftahul Falah Cendono Dawe ini menjelaskan, upaya ini dimaksudkan juga memberikan kesadaran kepada masyarakat supaya peduli terhadap sampah. “Harapannya masyarakat sadar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Mereka bisa menghargai sampah dan peduli terhadap lingkungannya,” ucapnya.

Kenapa menggunakan nama  ‘anti Drop Out’? Ahsin menerangkan, banyak anak-anak dari masyarakat desa setempat yang putus sekolah sehingga sangat penting diberi perhatian. “Sekarang ini sudah ada 20 anak yang kita beri perhatian pembiayaan dari pengelolaan bank sampah,” tuturnya.

Dari rintisan Ahsin ini, Kecamatan Dawe sudah banyak berdiri 9 bank sampah binaan.  Untuk memudahkan komunikasi, pihaknya telah membuka posko sampah di rumahnya Desa Cendono.

Untuk memasyarakatkan hal ini, Ahsin bersama GP ansor Dawe terus melakukan sosialisasi. Sabtu (28/12) lalu para aktifis Ansor Dawe mengadakan gerakan pungut sampah di semenanjung Gunung Muria.

Alhamdulillah, masyarakat berperan aktif memungut sampah bersama-sama demi kebersihan lingkungan. Semoga gerakan ini tetap berkelanjutan untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat,” harap Ahsin. (sumber)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Para Penggiat Antikorupsi Bangun Sekolah Anti-Korupsi

Untuk Melanjutkan Sekolah, Bocah ini Mencari Orang Tua Angkat Selama Setahun

Related posts