4:00 pm - Selasa September 19, 9443

Lima Teladan dari Peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail [1]

4096 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Salah satu mutiara hikmah yang dapat kita ambil sebagai pelajaran berharga di hari raya Idhul Adha ini adalah bahwa Nabi Ibrahim as. merupakan seorang ayah sekaligus juga seorang guru yang paling sukses di dalam mendidik putranya,  membentuk karakter dan kepribadian sang anak, Nabi Ismail as . Coba sejenak kita bayangkan  betapa agung ketaatan Nabi Ismail as. kepada orang tua dan kepada perintah Allah SWT. Jangankan di suruh shalat, puasa, mengaji ke Mushalla misalnya, diajak disembelih pun oleh Nabi Ibrahim as, beliau siap.

Allah SWT melukiskan ketaatan Nabi Ismail as ini, di dalam QS as-Shaffaat: 102

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ [الصافات/102]

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku Termasuk orang-orang yang sabar“.

Subhanallah, sebuah jawaban yang tidak main-main, melainkan lahir dari cermin kepribadiannya yang teramat luhur. Lebih dari itu, Nabi Ibrahim as tercatat di dalam sejarah sebagai seorang Nabi yang sukses melahirkan keturunan para Nabi dan Rasul.

Sebagaimana kita maklum bahwa Nabi Ibrahim memiliki dua orang putra. Putra pertama bernama Ismail as yang berasal dari istrinya yang kedua, Siti Hajar. Dan dari Nabi Ismail as  inilah kelak lahir Nabi akhir Zaman, Nabi pilihan, Sayyidul Anbiya’ wal Mursalin, Nabi besar Muhammad SAW. Putra kedua bernama Nabi Ishaq as yang berasal dari istrinya yang pertama, bernama Siti Sarah. Dan dari Nabi Ishaq inilah lahir sejumlah Nabi dan Rasul dari kalangan Bani Israil, spt Nabi Ya’kub, Yusuf, Musa, Harun dll. Nabi Ibrahim melahirkan Nabi Ishaq, Nabi Ishaq melahirkan Ya’kub dan Nabi Ya’kub melahirkan Yusuf. Para ulam sering memberi julukan kepada Nabi Yusuf as dengan sebutan “ Al-karim ibnul karim,ibnul karim ibnul karim”

Dari kisah tersebut, dapat kita petik beberapa hikmah penting untuk diteladani dalam membentuk karakter yang handal bagi anak didik kita atau generasi kita.

Pertama, Nabi ibrahim as di dalam mendidik putranya selalu mengajarkan kesederhanaan dan kemandirian. Beliau tidak memanjakan anak dengan fasilitas hidup yang berlebihan bahkan terkadang penuh dengan keprihatinan. Inilah yang menyebabkan Ismail as tumbuh menjadi seorang anak yang sukses, tangguh dan mandiri… bersambung

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pengembangan Alutsista Dalam Negeri Siap Bersaing Dengan Produk Negara Adidaya

Lima Teladan dari Peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail [2]

Related posts