9:08 am - Minggu Desember 15, 2019

Jangan Lalaikan Rukun Islam

713 Viewed

Jangan Lalaikan Rukun Islam

  1. Dua Syahadat

Maksudnya mengucapkan dua kalimat syahadat;

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَ الرَّسُولُ الله

Asyhadu ala ilaahailallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.

Sedangkan makna dua kalimat syahadat ini adalah persaksian. Bersaksi di sini berarti iman kepada perintah Allah dan menjahui larangan-Nya. Nah, untuk kesaksian terhadap Nabi Muhammad saw., ialah, keimanan kita kepada ketentuan syariat beliau yang ada di dalam Al-Qur’an dan Hadisnya.

Jadi, dua kalimat ini selain sebagai persaksian juga sebagai tanda kesanggupan kita untuk menjalankan syariat Allah melalui Nabi Muhammad. Pantang dong bagi para pemuda (ikhwan dan akhwat) untuk “mengingkari janji” kita kepada Tuhan, karena dua syahadat ini juga bisa diartikan sebuah perjanjian lho..

  1. Shalat Lima Waktu

Rukun Islam yang kudu kita lakukan selanjutnya adalah shalat, sebagaimana yang kita ketahui shalat wajib (maktubah) bagi kita ada lima yakni, Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh. Jangan sampai bolong-bolong ya..

  1. Puasa

Nah, kewajiban bagi kita selanjutnya adalah berpuasa. Puasa wajib tidak lama-lama kok, hanya satu bulan (Ramadan) setiap tahunnya. Kalau dihitung, bulan puasa hanya 30 hari (kadang tidak sampai lho..). Sedikit bukan? Makanya kita musti sabar dan berbahagia karena dalam satu tahun masih punya 320 hari lain. Coba kalau kita wajib puasa selama satu tahun? Nah lo….

  1. Zakat

Seperti Zakat Fitrah. Menjadi kewajiban bagi kita semua untuk menyisihkan harta (murah meriah lho….) dan berbagi kepada saudara-saudara kita yang masih sangat terbatas dan membutuhkan uluran tangan. Pantang bagi pemuda keren untuk tidak bayar zakat bro..!!. Kewajiban zakat yang lain (niaga, emas, dll) jangan lupa juga ya..

  1. Haji

Nah, rukun Islam yang terakhir adalah naik haji ke Mekah. Tentu bagi yang mampu dong, kalau masih muda apa kagak pengen naik haji? Kalau aku ingin sekali gan! Semoga semua bisa naik haji ya, Aamiin….

Oleh: H. R. Umar Faruq

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Memperbaiki Hati Dulu atau Berjilbab Dulu?

Kapan Harusnya Mengucapkan Subhanallah dan MasyaAllah?

Related posts