1:03 pm - Rabu Desember 11, 2019

Kebahagiaan Sejati

1108 Viewed

Kebahagiaan Sejati

Bahagia adalah dambaan setiap orang, saya, kalian, kita menginginkannya. Jika ada yang mengatakan dia ingin hidup menderita, sudah dipastikan kena penyakit jiwa maka harus dicek terlebih dahulu ke RSJ, #hehe…

Namun makna bahagia ini sudah menjadi kabur, dan diselewengkan oleh orang kebanyakan. Berbagai macam makna kebahagiaan yang sering kita dengar, ada yang mengatakan bahagia itu ketika memiliki banyak uang, ada yang mengatakan bahagia itu ketika memiliki banyak harta yang melimpah ruah, ada pula yang mengatakan bahwa bahagia itu adalah ketika semua keinginan nafsunya bisa terpenuhi. Inilah berbagai pendapat yang mengartikan makna kebahagiaan.

Menurut Wikipedia Indonesia, bahagia adalah suatu keadaan pikiran atau persaaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan atau kegembiraan yang intens. Nah, ini makna bahagia terjemahan bebas. Dahulu waktu saya masih kecil berpandangan, orang itu akan bahagia ketika dia memiliki pasangan yang cakep dan banyak harta, kalo punya banyak harta mau beli apa aja bisa, mau ke mana-mana juga bisa, yang pasti kalo orang punya banyak harta dan uang itu mau apa-apa juga bisa, bahkan untuk membelanjakannya gak perlu mikir, namun sering dipikirkan kalo untuk diinfakin :p#pelit

Sebenarnya makna bahagia menurut Islam itu gimana sih? Untuk menemukan makna kebahagian sejati atau makna kebahagiaan yang sesungguhnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui dan menjawab pertanyaan di bawah ini :

  1. Dari mana kita berasal?
  2. Untuk apa kita hidup?
  3. Dan akan kembali kemana setelah mati?

Nah, ketika sahabat sudah mampu menjawab pertanyaan ini, maka sahabat akan menemukan makna kebahagiaan yang sejati. Kita semua tahu ya, bahwa kita hidup di dunia ini tidak hanya sekedar numpang hidup, misal hidup hanya untuk makan, atau hidup hanya untuk bekerja untuk mencari duniawi saja, uang yang banyak, kendaraan mewah de el el. Buya Hamka Sayjika kita hidup hanya sekedar untuk hidup, babi di hutan juga hidup, kalo bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja” lah terus apa beda kita ama babi dan kera kalo aktivitas yang kita lakukan sama? Ayo jawab dan dipikir ya… J

            Kita sering melihat ya, fakta di lapangan yang bicara, banyak banget orang yang dia memiliki uang banyak, harta melimpah, jabatan tinggi, suami yang cakep, istri yang cantik, seakan kita melihat meereka bahagia, tapi sebenarnya banyak diantara mereka yang tidak bahagia bahkan gelisah. Nah kegelisahan inilah akibat dari tidak terjawabnya 3 pertanyaan di atas secara benar. Padahal secara kasat mata kita memandang mereka adalah orang yang bahagia secara materi, namun ternyata itu semua tak mampu membuat mereka bahagia. L

Jadi, untuk menemukan makna kebahagiaan yang sejati adalah, dengan mengetahui tujuan hidup yang benar, jika tujuan hidup kita benar, maka otomatis hidup dijalani dengan cara benar pula. Kita sebagai muslim setiap menjalani aktivitas kehidupan maka harus diniatkan karena Allah dan mengharap ridho dari Allah SWT semata. Di dalam Islam makna kebahagiaan adalah ketika mendapat kerhidoan dari Allah SWT. Kita tidak akan mendapatkan ridho Allah ketika aktivitas kehidupan kita tak diatur dengan aturan Allah (alias tidak ta’at).

Inilah makna bahagia mnenurut Islam sahabat GaulFresh, semoga kita semua benar-benar mendapatkan kebahagiaan sejati ya, tentunya dibayar dengan sebuah KETA’ATAN kepada Allah SWT agar kita dapet yang namanya Jannah.

Sumber : Gaul Fresh

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Rasa Suka Itu Wajar

Jangan Lalaikan Rukun Islam

Related posts