4:03 pm - Rabu Oktober 22, 5524

Kabid Penaiszawa Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial di Bulan Puasa

129 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari mengajak jamaah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian sosial di bulan ramadhan.

Hal tersebut disampaikan Azhari pada ceramah ramadhan setelah shalat zuhur di Mushalla Al Ikhlas Kanwil, Rabu (29/4) bertepatan hari ke-6 ramadhan.

“Di bulan ramadhan yang mulia ini, selain menunaikan ibadah mahdhah, mari juga kita tingkatkan kepedulian sosial, ini adalah sebagai wujud kesalehan sosial,” ucap Azhari.

Dikatakannya, berpuasa mengandung beberapa hikmah yaitu bertaqwa, bersyukur, dan pengendalian hawa nafsu. 

“Beberapa hikmah ramadhan ini, termasuk kepedulian sosial, dimana dapat mendidik rasa peduli sesama. Kita bisa merasakan lapar selama sebulan, sehingga kita akan perhatian terhadap orang lain, saling membantu, berempati, menolong mereka yang membutuhkan,” katanya.

Selain itu, ia juga mengajak untuk mengikuti edaran Menteri Agama, edaran Gubernur Aceh dan Tausyiah MPU Aceh terkait penanganan covid 19.

“Allah menguji kita di bulan ramadhan, dengan adanya virus corona. Karenanya tetap kita jalankan aturan protokol kesehatan penanganan virus corona, untuk kebaikan kita semua. Seperti menghimbau dan menyarankan warga untuk memakai masker, hal ini termasuk dalam ibadah, kita berdoa semoga musibah ini cepat berlalu,” ujar Azhari.

Selama ramadhan, Kanwil Kemenag Aceh menyiarkan kajian Ramadhan secara rutin melalui channel youtube Kemenag Aceh jelang waktu buka puasa pada pukul 18.30 WIB.

Selain itu, Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah bekerjasama dengan radio Mora FM juga menggelar kajian keislaman di bulan suci Ramadhan 1441 H/2020 M. 

Program tersebut disiarkan setiap hari di radio Mora FM pada pukul 16.15-17.15 WIB mulai hari pertama Ramadhan hingga 28 Ramadhan.(Aceh-kemenag)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hukum Berkumur Saat Berpuasa

Dari Sahur Jima hingga Tawar Menawar Hukum Islam

Related posts