Jumat, September 17, 2021
BerandaAcaraCinta Allah dan Rasulnya? Mari Puasa!!

Cinta Allah dan Rasulnya? Mari Puasa!!

Jika anda cinta kepada Allah dan Rasulnya, mari beribadah dengan melakukan puasa sunnah di hari ‘Asyura/10 Muharram (14 November). Karena Rasulullah SAW sangat senang berpuasa pada hari tersebut.

Nabi Muhammad Saw pernah ditanyakan tentang puasa ‘Asyura, beliau menjawab : “Puasa ‘Asyura menghapuskan dosa setahun yang telah lalu”. (HR. Imam Muslim)

Karena ini puasa sunnah, maka bagi yang tidak berniat/lupa berniat pada malam harinya, masih bisa berniat puasa pada siang hari hingga menjelang dhuhur dengan catatan tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Hari Tasu’a/9 Muharram (13 November) dan hari ‘Asyura/10 Muharram (14 November) termasuk dalam hari-hari yang dianjurkan untuk berpuasa. Nabi Muhammad Saw bersabda dalam salah satu haditsnya :

سمعت عبد الله بن عباس يقول حين صام النبي صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمرنا بصيامه قالوا يارسول الله إنه يوم تعظمه اليهود والنصارى فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فإذا كان العام المقبل صمنا يوم التاسع فلم يأت العام المقبل حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم

Aku mendengar ‘Abdullah bin ‘Abbas ra, ia berkata : “Ketika Nabi Saw berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) dan beliau juga memerintahkan kami untuk berpuasa, maka para Shahabat ra bertanya :”Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari ‘Asyura adalah hari yang diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani”. Nabi Saw menjawab :”Apabila datang tahun depan, kita akan berpuasa pada hari Tasu’a (9 Muharram)”. “Maka tidak datanglah tahun depan hingga Rasul SAW wafat”. HR. Imam Abu Daud. (Abu Mudi Samalanga)

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

Most Popular