9:16 am - Kamis September 24, 2020

Membangun Idealisme Bangsa Dalam Pergulatan Berbagai Kepentingan

1603 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Idealisme suatu bangsa adalah kewajiban bagi segenap bangsa yang dilingkupinya. Kemajuan suatu bangsa bukan hanya kelengkapan struktru dari presiden hingga tingkat RT yang ada paling bawah. Negara yang memiliki lebih 17 000 (tujuh belas ribu) seperti Indonesia memerlukan kontruksi idealisme yang kokoh bagai batu karang terhempas genasnya gelombang samudera.

Presiden dan jajaran ke bawahnya hanyalah symbol yang di percaya dapat memimpin bangsa bernama Indonesia yang kita cintai ini. Namun apalah daya, Orang-orang yang kita percaya menjadi bom waktu yang siap memangsa apa saja di wilayahnya.

Perjalanan panjang yang melahirkan kemerdekaan dari kegigihan pejuang bangsaa harus rela terkapar di tangan orang-orang yang dulunya kita percaya. Kedalautan rakyat yang sejatinya di tangan rakyat hanyalah menjadi ilusi dan lamunan kaum kurang beruntung seperti mereka.

Dalam sudut pandang yang berbeda, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi landasan bagi kita untuk memilih pemimpin yang relefan dengan zaman, terutama pemilihan kepala daerah yang kini masih menjadi perdebatan panjang. Diantaranya, factor:

  1. Minat dan Bakat
  2. Kecerdasan
  3. Motivasi

Kecerdasan emosinal maupun spiritual adalah kewajiban setiap diri seorang pemimpin. Kecerdasan koknitif semata hanya mengantarkan pada muara politik tak menentu. Oleh karena itu Islam sebagai agama universal memprioritaskan iman sebagai dasar setiap kontruksi kehidupan berbagsa dan bernegara.

Dalam al-qur’an (QS.2:126) di jelaskan,  Artinya:  Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.

Gambaran itu sudah jelas, bahwa seorang pemimpin tidak hanya pandai memimpin dan membuat masyarakatnya sejahtera. Tetapi hubungan diri dengan Tuhannya adalah hal utama untuk menciptakan negeri sejahtera aman dan sentosa sepanjang masa.

gbr: stritini.wordprss

 

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Renungan dari Ayat-Ayat Al-Qur`an

Bahaya Tontonan Gratis

Related posts