Syekh Ali Hasan Al-Alaby: Di Indonesia, ISIS Bukan Ancaman Membahayakan

0
288

Jakarta, Cyberdakwah — Ulama Yordania Syekh Ali Hasan Al Alaby menilai jaringan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) di Indonesia bukanlah ancaman yang membahayakan. Para pendukung khilafah Islamiyah menurutnya akan tersingkir jika Indonesia tetap mengedepankan kehidupan yang toleran.

“Suriah dan Indonesia dalam hal ISIS beribu kilometer jaraknya. Jadi boleh saya katakan, ISIS di Indonesia tidak berbahaya dan akan hilang apabila (Indonesia) tetap mempertahankan nilai toleransi,” ujar Syekh Halaby dalam Konferensi Internasional Terorisme di Kemayoran, Jakarta Senin (23/3/2015).

Menurut Syekh al Alaby, dalam merekrut anggotanya, sasaran kelompok radikalisme ISIS selalu menyasar pemuda yang sedang bersemangat beragama. Mereka akan dikekang dengan pikiran radikalisme.

Dia pun menilai, hal ini disebabkan juga karena mereka salah menafsir kata musyrik dan kafir yang mana dalam dalam Al-quran tidak dimengerti secara demikian. Dengan demikian mereka mempropogandakan jihad kepada pengikut-pengikutnya.

“ISIS memberi pendekatan yang salah terkait musyrik dan kafir yang pendekatan lain oleh Al-Quran. Dan mau saya sampaikan, ISIS tidak bahaya bagi Indonesia. Dalam kondisi masyarakat Indonesia yang toleran bisa otomatis tolak pikiran radikal ISIS,” tandasnya.

Yordania, negara asal Syek al Alaby, kini sedang memerangi ISIS. Pilot Yordania dua bulan lalu dibantai militan khilafah secara kejam, sehingga memicu kemarahan negara di selatan Arab Saudi itu. (Mdk/S@if)

Tinggalkan Balasan