3:15 am - Sabtu Desember 7, 2019

11 Aturan Gaul Dalam Islam

1245 Viewed

11 Aturan Gaul Dalam Islam

Remaja merupakan salah satu bagian yang gak terpisahkan dari masyarakat. Remaja merupakan potensi umat ini untuk membangkitkan diri. Namun, sayang beribu sayang saat ini remaja di negara Indonesia masih memiliki banyak permasalahan. Dalam hal pergaulan, remaja sekarang malu kalo gak dikatakan “Gaul”. Kalo “Gaul” yang dimaksud adalah hal yang gak bertentangan dengan Islam, boleh-boleh aja. Yang jadi masalah adalah kalo “Gaul” nya gak sesuai dengan agama kita yakni Islam.

Remaja sekarang banyak diterpa permasalahan seperti banyak yang belum menutup auratnya, kasus Narkoba, teman tapi mesra (TTM), pacaran, seks bebas hingga berlanjut pada “melahirkan sebelum terjadi pernikahan” atau HDKK (hamil duluan kawin kagak), kalo udah HDKK maka timbul BM2K (Bikin Malu Bapak Mama dan Keluarga…he…). Permasalahan ini terjadi bukan hanya di ibukota negeri ini atau ibukota provinsi aja, tapi udah mewabah secara sistemik hingga ke pelosok desa. Memprihatinkan gak sob.

Itu belum termasuk data yang ngejelasin ke kita kalo sebanyak 46 persen remaja berusia 15-19 tahun disinyalir udah pernah berhubungan seksual. Data Sensus Nasional bahkan menunjukkan 48-51 persen perempuan hamil (diluar nikah) adalah remaja (bbkbn.go.id, 12 Agutus 2014).

Fakta di atas adalah secuil kerusakan (Fasad) yang terjadi dan akan terus menunjukkan korelasi positif (peningkatan) ketika pergaulan mengabaikan Syariah (aturan Islam). Padahal Allah menyatakan akan tersesatlah bagi siapa aja yang ngelanggar Aturan Nya:

Artinya: ”Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan rasul-Nya Telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan barangsiapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya Maka sungguhlah dia Telah sesat, sesat yang nyata ” (Al Ahzab: 36).

Sobat, dalam Islam emang gak dilarang “Gaul”, asal “Gaul” nya sesuai dengan Islam. Sobat, ini beberapa ketentuan “Gaul” dalam Islam.

1. Cowok dan cewek memiliki derajat yang sama di hadapan Allah SWT dan yang paling mulia adalah yang bertaqwa kepada Nya. Allah SWT berfirman:

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS. Al Hujuraat: 13).

2. Larangan ngedekatin Zina. Ngedekatin aja dilarang, apalagi berbuat. Firman Allah:

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk” (QS. Al Isra’: 32).

3. Islam memerintahkan untuk bertaqwa Pada Allah SWT, sesuai firmanNya:

Artinya: “wahai nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. Al Ahzab: 70).

4. Islam memerintahkan untuk memelihara kehormatan dan ngejaga pandangan serta ngejaga kemaluan. Sesuai firman Allah SWT:

Artinya: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih Suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat” (An Nuur: 30).

5. Islam memerintahkan untuk ngejauhin subhat (perbuatan yang meragukan) termasuk yang subhat dalam pergaulan, agar tidak terjerumus pada maksiat.

6. Islam memerintahkan cewek untuk menutup aurat dengan memakai busana sempurna ketika keluar rumah yakni kerudung (sesua QS. An Nuur: 31) dan Jilbab (sesuai QS. Al Ahzab: 59). Cowok juga wajib menutup aurat.

7. Cowok dan cewek tidak di bolehin berdua-duaan tanpa mahram (Berkhalwat). Sabda Rasulullah SAW:

لاَ يَخْلُوَنَّ أَحَدُكُمْ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا

Artinya:“Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barangsiapa yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin” (HR. Ahmad).

Khalwat adalah bertemunya dua lawan jenis secara menyendiri (al ijtima’i bayna itsnayni ’ala infirad) tanpa adanya orang lain selain keduanya di suatu tempat (Nizham Al Ijtima’i fil Islam hal. 97).

8. Islam memerintahkan kepada pemuda-pemudi untuk menikah muda jika mampu (sesuai HR. Bukhari Muslim).

9. Jika tidak mampu nikah muda, diperintahkan untuk selalu memelihara sifatIffah/memelihara kesucian diri.

10. Perintah pemisahan (Infishal) antara cowok dan cewek. Perintah ini berlaku pada kehidupan umum seperti di masjid, sekolah, kampus dan di kehidupan khusus seperti rumah dan kos. Islam juga melarang berdesak-desakan antara wanita dan pria baik di jalan maupun pasar (Nizham Al Ijtima’i fil Islam hal.29 dan Al jauziyah, 1996).

11. Interaksi yang boleh hanya interaksi umum bukan khusus. Seperti interaksi khusus semisal ngapel pada aktifitas “pacaran” atau tamasya bersama adalah hal yang di larang (Nizham Al Ijtima’i fil Islam hal. 30). Islam memerintahkan kepada pemuda-pemudi untuk menikah muda jika mampu (sesuai HR. Bukhari Muslim).

Semoga aturan gaul ini dapat kita perhatiin ya sob agar pergaulan kita sehat dan jauh dari maksiat.

Sumber : Gaul Fresh

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Petani Harus Memahami Perubahan Cuaca

Tiket Perjalanan Manusia

Related posts