12:15 pm - Rabu Desember 11, 2019

Pelajaran Hidup Bukan Hanya Beberapa SKS

612 Viewed

Pelajaran Hidup Bukan Hanya Beberapa SKS

Saat yang kita lakukan tidak di hargai atau bahkan di lupakan oleh orang lain, sedih memang. Seakan mereka tidak tahu apa yang sudah kita lakukan untuk mereka. Tapi memang kita tidak berhak untuk menuntut penghargaan dari orang lain karna yang kita lakukan harus selalu ikhlas. Keikhlasan merupakan harga mati yang harus dimiliki oleh seorang muslim dalam melakukan sesuatu, dengan niatan bahwa apa yang akan dilakukan bermanfaat dan  dengan harapan akan memperoleh ridho Allah subhanahu wa ta’ala.

Saat apa yang kita usahakan sama sekali tidak di hargai atau bahkan dilupakan, maka di saat itu kita belajar bagaimana kita mengendalikan emosi kita. Kita tidak meminta upah balik dari mereka karena yakinlah apapun yang kita lakukan allah yang akan membalasnya

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS Al zalzalah 7-8)

Tetaplah berkhusnudzon, bahwa akan ada sesuatu yang lebih berharga dari pelajaran yang kau dapati itu, ada sesuatu yang tersimpan di baliknya. Karnanya kita sedang belajar sebuah keikhlasan, keikhlasan dalam membantu orang lain. Bukan untuk kesenangan semata namun untuk memajukan orang lain. Luar biasa bukan? Ikut serta dalam membantu orang lain adalah perbuatan terpuji, namun kitapun tidak bisa menuntut agar mereka menghargai jerih payah kita. Kembali lagi bahwa apapun yang kita lakukan harus di dasari dengan “IKHLAS” karna hati yang ikhlas akan memudahkan kita untuk menerima apapun yang terjadi. Sakit memang namun apalah daya kita tidak pantas untuk meminta imbalan. Saat itu terjadi, saat usaha kita tidak di hargai maka di saat itu pula kita sedang belajar ketulusan dan menaikan level kekuatan kita. Pelajaran hidup yang senantiasa berharga yang kita dapatkan dari kejadian itu. tidak perlu di tangisi bahkan di ratapi sayangi waktu yang kau miliki tidak hanya untuk meratapi hal itu. tetapi masih ada jalan yang lain untuk mengembangkan diri dan potensimu.

Pelajaran hidup ini yang akan membantu kita karna belajar ketulusan, keikhlasan, kekuatan itu terjadi dengan sendirinya dengan keadaan yang mengharuskan kita mengambil pelajaran itu. bukan sebuah mata kuliah yang hanya beberapa SKS tetapi pelajaran kehidupan ini berlaku selamanya tidak hanya satu atau dua tahun tetapi selamanya. Semakin kita kuat, kita akan mampu untuk melanjutkan kehidupan kita. Petiklah semua pelajaran di setiap episode yang kita hadapi.

Sumber : Gaul Fresh

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Karena Satu Keburukan, Maka Terhapuslah Amal 70 Tahun

Benarkah Jin Bisa Masuk Surga ??

Related posts