9:07 am - Minggu Desember 15, 2019

Cara Tunjukkan Cinta Kepada Anak Tanpa Mengeluarkan Uang

730 Viewed

Cara Tunjukkan Cinta Kepada Anak Tanpa Mengeluarkan Uang

Saat ini banyak sekali orangtua yang menunjukkan kasih sayang dengan cara membelikan berbagai barang dan mainan berharga mahal, atau memberikan sejumlah uang jajan, hingga akhirnya anak-anak terbiasa menilai cinta orangtuanya dari sejumlah nominal uang yang dihabiskan orangtuanya untuk mereka.

Hal ini sungguh berbahaya karena secara tidak langsung orangtua mengajarkan anak untuk bersifat materialisme dan menilai segala sesuatu dari segi materi.

Berikut ini beberapa cara tunjukkan cinta kepada anak tanpa mengeluarkan uang:

  1. Pujian

Berilah anak pujian atas kebaikan yang dilakukannya, meskipun hal tersebut terlihat sepele. Misalnya saat orangtua menyuruh anak mengambilkan air minum, dan anak mau melakukannya, maka berilah anak pujian bahwa ia memiliki akhlak mulia.

  1. Kata-kata manis

Orangtua perlu memberikan kata-kata manis untuk anak, misalnya “Ibu cinta sama kamu”, atau “Ayah sayang sama kamu”. Cinta yang diucapkan seperti ini akan membuat anak tahu cara mengekspresikan kasih sayang.

  1. Sentuhan fisik

Pelukan dan ciuman di pipi dan kening bisa menjadi salah satu tanda cinta orangtua yang perlu diungkapkan setiap hari. Anak-anak akan mengetahui betapa kita mencintainya ketika kita sering mendekapnya dengan hangat dan menenangkan.

  1. Waktu berkualitas

Meski tidak banyak, tapi selalu luangkan waktu berkualitas untuk anak, misalnya sejam setiap harinya untuk mengobrol dan bercerita. Bisa juga dengan berjalan-jalan ke taman, atau menyuapi anak makanan.

  1. Bermain bersama

Banyak orangtua yang enggan menikmati permainan bersama anaknya, anak dibiarkan main masak-masakan sendiri, atau main dokter-dokteran sendiri, padahal jika orangtua mau ikut berpartisipasi saat anak bermain, hal ini pasti membahagiakan mereka.

Misalnya orangtua memesan menu makanan ketika anak bermain masak-masakan, orangtua berakting sebagai pasien saat anak-anak sedang bermain dokter-dokteran, dllsb.

  1. Doakan anak di hadapannya

Sambil memeluk anak atau mencium keningnya, doakanlah anak-anak kita dengan kebaikan, maka ia akan menyadari betapa orangtuanya mencintainya dan menginginkan hal-hal terbaik untuknya.

Sudahkah kita melakukan beberapa hal sederhana di atas untuk putra-putri kita?

Sumber : Ummi Online

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Bolehkah Wanita Menjenguk Laki-Laki Bukan Mahram Yang Sedang Sakit??

Memaknai Tanggal 2 Mei

Related posts