5:10 pm - Senin November 30, 2020

Awali Ramadhan, Tunggu Sidang Itsbat

1178 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Awali Ramadhan, Tunggu Sidang Itsbat

Katib Syuriyah PCNU Pringsewu Lampung, KH Munawwir, mengimbau warga menunggu hasil sidang itsbat Kementerian Agama bersama NU dan ormas Islam lainnya dalam mengawali bulan suci Ramadhan 1436 H.

Demikian disampaikannya dalam Ngaji Ahad atau Jihad pagi (7/6). Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Gedung NU Pringsewu Lampung.

Menurutnya dalam mengawali puasa bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, seluruh umat Islam seharusnya ikut memantau melalui media cetak dan elektronik proses rukyatul hilal yang dilakukan oleh NU dan Kementerian Agama RI.

“Awal puasa Ramadhan tahun ini diperkirakan jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015. Ini ada kemungkinan berbeda antara Hasil Keputusan Sidang Itsbat dengan Ormas keagamaan tertentu yang sudah mengumumkan awal Ramadhan terlebih dahulu ” terangnya.

Namun menurutnya, sebagai umat Islam yang memiliki Ulul Amri yaitu Pemerintah, hendaknya dalam mengawali puasa Ramadhan sesuai dengan hasil keputusan pemerintah melalui sidang Itsbat.

Menurutnya Sidang Itsbat merupakan sidang yang sangat ideal dalam menentukan awal bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan didalam sidang Itsbat melibatkan berbagai unsur ormas keagamaan di Indonesia dan juga menggunakan berbagai macam metode mulai dari rukyah sampai dengan hisab.

“Dari komposisi ini sudah jelaslah kalau hasil sidang itsbat dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan kemaslahatannya bagi umat,” tegasnya.

Selain itu, Munawwir juga mengajak kepada seluruh umat Islam untuk dapat memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan semaksimal mungkin. ” Isi kegiatan kegiatan yang bermanfaat dan tingkatkan kualitas serta kuantitas Ibadah dibulan ramadhan seperti Baca Quran, Shalat malam dan bersedekah ” ajaknya. Dengan maksimalnya Ibadah di Bulan Ramadhan kali ini diharapkan fadilah bulan puasa dapat diraih dan akhirnya segala dosa yang telah dilakukan sebelum Ramadhan akan diampuni.

Ditemui setelah kegiatan Jihad Pagi, Sekretaris LTN NU Pringsewu M. Mustanir mengatakan, dalam rangka memberikan panduan waktu Bulan Ramadhan 1436 H, pihaknya sudah mencetak Jadwal Imsakiyyah Bulan Ramadhan 1436 H. Menurutnya Jadwal Imsakiyyah ini merupakan hasil dari Winhisab Lajnah Falakiyah PWNU Provinsi Lampung.

“Jadwal ini kami distribusikan ke Masjid dan Musholla dan juga ke setiap Pengurus MWC sampai dengan Ranting NU di Kabupaten Pringsewu dan perlu diingat bahwa keputusan Awal 1 Ramadhan tetap mengacu kepada hasil keputusan sidang itsbat pemerintah,” terangnya.

 

Sumber : NU Online

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

AJAL TIDAK MENUNGGU TAUBATMU

Cara Mendeteksi Nasib Seorang Hamba di Alam Kubur???

Related posts