7:59 pm - Kamis September 24, 2020

Maksud Dibelenggunya Syetan Dibulan Ramadhan

1360 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Maksud Dibelenggunya Syetan Dibulan Ramadhan

Al imam Alqurthuby mengatakan : jika dikatakan :kami melihat keburukan dan kemaksiatan banyak terjadi dibulan ramadhan, bila syetan-syetan dibelenggu kenapa terjadi keburukan?

Jawabannya adalah dari bebrapa hal berikut :

1 Syetan dibelenggu dari mereka yang berpuasa dengan puasa yang mereka jaga syarat-syaratnya dan memelihara adab-adabnya, adapun mereka yang puasa tidak menjaga syarat dan adabnya , maka syetan tidak terbelenggu darinya.

2. Bila kita terima bahwa syetan dibelenggu untuk semua orang yg berpuasa , ini bukan berarti tidak akan terjadi keburukan , karena keburukan itu juga terjadi dengan sebab-sebab yang lain , yaitu dari nafsu jiwa-jiwa yang kotor, kebiasaan yang jelek , dan perbuatan syetan manusia itu sendiri.

3. Bisa juga ini maksudnya mengabarkan sebagian besar syetan almarodah attaghiyah yang sangat angkuh dan tidak semuanya .

Jadi maksudnya adalah berkurangnya keburukan , dan ini berada pada bulan ramadhan , karena terjadinya keburukan dan fahisyah di bulan ramadhan ini lebih sedikit dibandingkan bulan yang lainnya.

(lihat kitab almufhim lima asykala min talkhis kitab muslim 3/136.

Syaikh Utsaimin juga pernah ditanya masalah ini , dan beliau menjawab :

hadits hadits seperti ini adalah diantara hadits tentang perkara yang ghaib yang sepatutnya kita sikapi dengan penuh menerima dan percaya , dan hendaknya kita tidak berbicara tentang apa dibelakangnya , ini lebih baik dan lebih selamat untuk agama seseorang , karenanya ketika Abdullah anak Imam Ahmad mengatakan kepada ayahandanya :bahwa manusia tergoda juga oleh syetan dibulan ramadhan?

lmam Ahmad menjawabnya :

seperti itulah haditsnya dan janganlah engkau koreksi , kemudian yang nampak adalah mereka terbelenggu dari menyesatkan manusia , dan yang menunjukkan hal itu adalah banyaknya kebaikan dan inabah di bulan ramadhan ini .

(majmu’ fatawa Ibnu Utsaimin 20/75).

Sumber : One Heart Zainal Abidin IHBS

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
News Feed
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Hadiah Terindah

TIGA KUNCI SUKSES MENJADI ORANG BERTAKWA DIBULAN RAMADHAN

Related posts