5:27 pm - Senin Desember 9, 2019

Tips Agar Tetap Fit Selama Berpuasa

942 Viewed
Apa yang Harus Dilakukan Saat Menanti Lailatul Qadar?
Apa yang Harus Dilakukan Saat Menanti Lailatul Qadar?

Tips Agar Tetap Fit Selama Berpuasa

Sahabat yang dirahmati Allah. Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan datang semoga kita semua masih diberikan umur yang panjang. Bagi yang biasa berpuasa sunnah mungkin akan terbiasa ketika bertemu dengan bulan Ramadhan. Namun ada juga yang tidak biasa akan datangnya puasa. Namun itu bukan alasan untuk tidak berpuasa di waktu bulan Ramadhan. Karena berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi seorang muslim. Berikut ada tips untuk tetap fit selama berpuasa.

1. Sahur
Pertama yakni peran sahur saat berpuasa sangatlah penting karena memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum dan nasi merah. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.

2. Hindari Minyak
Hindari makanan berminyak karena akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran
oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk di siang hari.

3. Berbuka Secukupnya
Ketika anda berbuka puasa, bukalah dengan secukupnya, mulai dari air putih dan sedikit makanan manis dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan. Makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk berpuka puasa yakni yang manis-manis. Dan untuk minuman ketika berbuka sebaiknya jangan minum air soda dan kopi. Karena nantinya akan tidak baik untuk kesehatan, disisi lain perut juga masih kosong.

4. Olahraga
Meskipun puasa, sempatkan untuk tetap berolahraga. Lakukan olahraga ringan saat malam hari, misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

5. Pola Tidur
Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan, semoga puasa nanti saat bulan Ramadhan lancar tidak ada halangan. aamiin. Semoga bermanfaat.

Sumber : Gaul Fresh

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

REHAT HATI

Nasehat Indah Untuk Lelaki

Related posts