Larangan Konsumsi Daging Sapi

0
383

Warga Muslim di India dilarang mengkonsumsi daging sapi. Hal ini disampaikan Manohar Lal Khattar, Pemimpin partai Hindu India Bharatiya Janata.

sapi-disembah-di-india-660x330

Menurut Manohar yang juga menteri kepala negara bagian Haryana, dalam agama Hindu sapi adalah hewan suci sehingga tidak boleh dipotong.

“Muslim dapat terus hidup di negeri ini, tetapi mereka harus berhenti makan daging sapi. Sapi adalah sebuah simbol keimanan di sini,”  ujar Manohar, seperti dilansirBBC dan dikutip laman beritasatu, Jumat (16/10/2015).

Namun pernyataan Manohar tersebut memicu reaksi keras. Juru bicara Partai Kongres, Rashid Alvi yang merupakan oposisi menyatakan Manohar tak punya wewenang untuk mengeluarkan kebijakan itu. Protes lainnya menyatakan apa hak pemerintah sehingga memutuskan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan warganya.

Pernyataan Manohar juga ditentang karena harga daging sapi di India jauh lebih murah dari harga ayam dan ikan.

Kontradiksi lainnya, meski di dalam negeri sapi dilarang dipotong, namun India merupakan negara pengekspor sapi terbesar dunia. Menurut data Departemen Pertanian AS, selama 2015 ini India diperkirakan mengekspor 2,4 juta ton daging sapi mengalahkan Brasil yang berada di urutan kedua dengan ekspor 2 juta ton.

Pernyataan Manohar ini dianggap sejalan dengan kelompok garis keras Hindu. Bulan lalu, seorang pria muslim dibunuh karena dituding menyimpan dan mengkonsumsi daging sapi.

Sumber : Islamedia

Tinggalkan Balasan