4:01 pm - Minggu September 29, 6813

Dayah Insan Qurani Gelar Acara CLASSIC ke-4

212 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Dayah Insan Qurani menggelar acara Competition of Religion, Art, Science and education (CLASSIC) ke-4 tahun 2020 di kampus dayah IQ, Gampong Aneuk Batee, Suka Makmur Aceh Besar. Kegiatan ini akan berlangsung sejak Sabtu 1-5 Februari mendatang.

Acara yang dihiasi aneka perlombaan bidang Sains dan Seni diikuti oleh 602 siswa dari 23 SD/MI, 24 SMP/MTs  14 SMA/MA se Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh.

Kegiatan yang mengangkat tema “Become unstoppable’ ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Tgk. H. Usamah El Madny, S.Ag, MM, Sabtu pagi (1/2/2020).

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan, even ini digagas oleh Organisasi Santri Dayah Insan Qur’ani (Osdiq) sejak tiga tahun lalu sebagai pekan kreatifitas dan perlombaan antar santri IQ. Namun, setelah itu kegiatan Classic terbuka untuk sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ia berharap, even ini dapat diikuti oleh siswa-siswi se-Aceh pada tahun mendatang.

Ust Muzakkir  juga mengapresiasi para santri yang sukses melaksanakan kegiatan tersebut dengan tidak mengambil uang pendaftaran. 

“Alhamdulillah sebuah kesyukuran bagi kita, apa yang anak anak kita lakukan hari ini, saat kita masih sedang berbenah, mereka Osdiq mampu melaksanakan kegiatan ini tanpa ada uang pendaftaran, Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan untuk seluruh Aceh,” ujar Muzakkir.

Sementara Kadisdik Dayah Aceh, Tgk Usamah El-Madny dalam sambutannya menyampaikan, agar aparat Gampong Aneuk Batee terus mendukung dan ikut merawat Insan Qurani agar  menjadi lebih baik. 

“Insan Qurani telah menjadi aset penting dan terkenal di mana-mana. Harapannya,  Insan Qurani dapat menjadi role model bagi dayah lain yang ada di Aceh,” ujarnya.

Selain itu, Kadisdik Dayah Aceh juga berharap agar Classic dapat meningkatkan status menjadi even tingkat provinsi di masa mendatang. Ia berjanji, pihaknya siap menyediakan piala bergilir jika hal itu dapat terwujud.

 “Tolong ingatkan saya tentang janji ini. Nanti berikan desain menarik pada kami, agar piala yang kita siapkan bernilai lebih, tidak sekedar piala bergilir,” tambahnya.

Even Classic IV merupakan agenda tahunan Dayah Insan Qurani yang mempertandingkan berbagai macam perlombaan antar sekolah. Tahun ini, panitia mengadakan 21 cabang perlombaan. 6 Cabang lomba diperuntukkan untuk tingkat SD, 12 cabang untuk tingkat SMP dan 4 cabang untuk tingkat SMA. 

Sedangkan untuk santri dayah Insan Qurani, juga akan mengikuti perlombaan internal pada malam hari, meliputi cabang fahmil Quran, tahfidz 1 juz, 3 juz, 5 juz dan 10 juz Al Quran.

Fatie Izzatullah, Ketua Panitia Classic VI menyebutkan, sebanyak 23 setingkat SD/MI, 24 SMP/MTs, dan 14 SMA/MA di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, dengan total peserta berjumlah 602 peserta.

Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut, Kakankemenag Aceh Besar, Pembina Yayasan Insan Qur’ani, imum Mukim setempat, wali santri DNA sejumlah tamu undangan lainnya.(aceh.kemenag)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.
Filed in

Syekh Alumni al-Azhar Kairo Ngajar Tajwid kepada Mahasantri Ma’had Aly

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Virus Corona?

Related posts