7:09 pm - Senin Agustus 10, 2020

Mengejar Berkah di Ramadhan

244 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Patut kita syukuri bahwasanya kita diberikan kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan Ramadhan kali ini. Alhamdulillah tsumma alhamdulillah, ini merupakan salah satu anugerah terbesar kepada kita di tengah pandemi Covid-19.

Sejatinya kita harus mengetahui keutamaan atau fadhilah yang ada di bulan Ramadhan agar menjadi penyemangat, sehingga mampu mendorong kita kepada peningkatan ketaqwaan.

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, memiliki berbagai keistimewaan dan berbeda dari bulan-bulan lainnya, akan rugi kalau Ramadhan berlalu begitu saja, layaknya pergantian siang dan malam terus berjalan, tapi kita tidak bisa mengambil ibrah dari proses tersebut.

Berbagai keutamaan yang terdapat dalam bulan Ramadhan tentunya sudah pernah kita ketahui baik melalui ceramah, bacaan dan berbagai sarana media lainnya, tapi akan terasa tawar kalau keutamaan yang begitu besar tidak dinikmati.

Bulan Ramadhan disebut dengan syahrun mubarak, seperti dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Pada bulan ini juga setiap ibadah yang kita lakukan, Allah akan melipat gandakan pahalanya. Tak hanya membentuk kesalihan individu, tapi juga kesalihan sosial, karena pada  bulan ini kita digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah.

Kesempatan untuk menyelami keberkahan bulan mulia ini sangat diperlukan berbagai persiapan termasuk perencanaan yang matang dan azam yang kuat untuk melaksanakannya, sehingga berkah Ramadhan bisa kita capai.

Inilah yang menjadikan kita seharusnya bergembira, tidak menyia-nyiakan kesempatan indah ini, karena kebaikan begitu mudah dijalankan pada bulan Ramadhan. Momen Ramadhan sangat mendukung kita untuk melakukan amal dan kegiatan yang bermanfaat mulai pagi hari hingga malam. 

Ia diisyaratkan sebagai bulan kebaikan dan peluang kejahatan tertutup, namun ia akan tetap seperti bulan-bulan yang lain kalau tidak ada usaha atau komitmen dalam menggapai kebaikan dan keberkahan itu. Saat Ramadhan tiba, syaitan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka. 

Ramadhan merupakan  bulan diturunkannya Al-Qur’an (Syahrul Qur’an). Untuk itu perbanyaklah membaca dan mentadabburnya, minimal selama Ramadhan bisa mengkhatamkan sekali, lebih banyak lebih bagus.

Kita juga mengetahui bahwa pada bulan Ramadhan seseorang memiliki kesempatan untuk mendapatkan ampunan seperti bayi baru dilahirkan dan meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bahkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

Untuk itu, meski saat ini dalam kondisj pandemi Covid-19 tetaplah semangat dalam menggapai keberkahan Ramadhan, fokus ibadah walau harus berada di rumah. 

Jangan biarkan Ramadhan ini berlalu begitu saja. Mari kejar keutamaannya sambil sejenak menyimak sebuah hadits dari Rasulullah SAW,  beliau bersabda, ” Kalau saja manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka berharap Ramadhan itu selama satu tahun.” ( HR Thabrani, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi).

*Oleh: Nasril

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Bertauhid di Zaman Ujian

Memahami Makna Setan Dibelenggu di Bulan Puasa

Related posts