Syahrizal Rilis Video Dakwah “Empat Permata”

0
13

Syahrizal, S. Sos. I, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Banda Mulia, kembali merilis video bertemakan dakwah dengan memanfaatkan media sosial melalui chanel YouTube “Abinaya Aceh” sebagaimana yang disharenya ke jalur pribadi saya pada Senin (27/4/2020) dengan judul “Empat Permata.”

Konten dakwah yang beliau sampailan dikutipnya dari kitab “Nashaihul Ibaad” karya Imam Nawawi Albantani.

Konten dakwahnya kali ini dipetik dari sebuah hados Nabi Muhammad SAW “Ada empat permata pada diri anak Adam yang dapat dihilangkan oleh empat perkara lainnya, yaitu Akal, Agama, Rasa Malu dan Amal Shalih.”

“Akal” dapat dihilangkan oleh “Kemarahan,”  “Hasud/dengki” menghilangkan “Agama,” “Rasa Malu” dihilangkan oleh “Tamak,” dan “Ghibah” menghilangkan “Amal Shalih.”

“Akal” adalah Permata Rohani ciptaan Allah, dilekatlan pada diri manusia sehingga manusia bisa membedakan antara hak dan batil.

“Agama” adalah aturan Allah yang mengajak orang yang berakal sehat untuk menerima segala sariat yang dibawa Rasulullah SAW.

“Hasud/dengki” adalah sifat yang mengharapkan hilangnya kenikmatan pada orang lain. “Jauhilah oleh kalian hasud karena hasud menghapus pahala kebaikan sebagaimana api membakar kayu,” (Hadis Riwayat Abu Daud).

Terkait marah, Rasulullah pernah berpesan “Wahai Muawiyah, jauhilah marah, karena marah merusak iman sebagamana pahitnya brotowali merusak manisnya madu.” (HR. Baihaqi). (aceh-kemenag)