Cegah Virus Corona, PBNU Tunda Muktamar Hingga Akhir Tahun Depan

0
251

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan bahwa Muktamar ke-34 NU akan ditunda tahun 2021. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda serta memperlihatkan grafik yang cenderung terus meningkat. 

Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menjelaskan bahwa kepastian pelaksanaan Munas Alim Ulama akan diputuskan kembali. Adapun Muktamar ke-34 NU ditunda tahun depan. “PBNU memutuskan Munas-Konbes NU 2020 ditunda dalam waktu yang belum ditentukan. Dan Muktamar ke-34 NU mundur satu tahun ke depan”.

Rencana awal, Munas Alim Ulama dilaksanakan pada 18-19 Maret 2020 lalu di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Adapun Muktamar ke-34 NU sedianya akan dilangsungkan pada 22-27 Oktober 2020 di Provinsi Lampung.

PBNU menilai perlu pertimbangan lebih mendalam. Hal itu pula yang mendasari keputusan menunda dua agenda besar warga NU tersebut. Menurut Helmy, meski begitu tempat Munas NU masih dimungkinkan berlangsung di Pesantren Sarang. Kemudian, Provinsi Lampung pun masih menjadi tuan rumah Muktamar ke-34 NU.

“Kita sangat berhati-hati dalam memutuskan persoalan. Apalagi hal ini menyangkut kesehatan orang banyak,” pungkas Helmy. (Laduni)

Tinggalkan Balasan