Dayah RUMI Adakan Kegiatan Pesantren Ramadhan Produktif 2022

0
796

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Munirul Islam (RUMI) yang beralamat di Ujong Beurasok Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan Produktif (PRP) 2022 dalam rangka mengajak masyarakat untuk memaksimalkan waktu di Bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan bernilai ibadah.

Tgk. Rahmat Saputra, pendiri Dayah RUMI di Meulaboh, pada Rabu 30/03/2022 menjelaskan kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat umum, terutama para pelajar sekolah untuk mengisi waktu di Bulan Ramadhan.

“Kegiatan PRP 2022 kita mulai sejak tanggal 1 Ramadhan sampai dengan 25 Ramadhan 1443 H. Kami ingin agar para pelajar dapat mengisi waktu di Bulan Ramadhan ini dengan berbagai kegiatan produktif, seperti membaca Al-Qur’an, hafalan Juz 30, belajar hukum Islam, fiqh, tauhid, tasawuf, dan lain-lain. Termasuk belajar skill/keterampilan bahasa inggris dan IT,” jelas Tgk. Rahmat yang juga Ketua STAI Darul Hikmah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, kegiatan Pesantren Ramadhan Produktif (PRP) 2022 ini dipusatkan di Dayah RUMI, Ujong Beurasok Desa Lapang Aceh Barat. Namun dapat diikuti oleh pelajar se-Aceh melalui Zoom Meeting dengan mendaftar di https://bit.ly/rumi2022 atau WhatsApp admin: 0823-0234-0456.

Dijelaskan sejak awal tahun 2020, selama pandemi COVID-19 Dayah RUMI aktif menyelengarakan kegiatan berbasis online untuk menjangkau masyarakat luas. Bulan Ramadhan tahun 2020 lalu, Dayah RUMI juga telah membuat kegiatan Pesantren Online RUMI yang diikuti oleh para pelajar se-Aceh. Seperti kelas membaca Al Quran, menghafal Al-Qur’an, kelas Ilmu Tauhid, kelas Ilmu Fiqh, kelas Ilmu Tasawuf, kelas Tarikh/Sejarah Islam dan kelas Bahasa Arab. Tidak hanya pengajian, Dayah RUMI juga mengadakan webinar dan konferensi internasional seperti ICISSS 2020 & ICODS 2021.

Kehadiran Dayah RUMI melalui program & kegiatannya disambut antusias oleh para pelajar. Nurfitri Zartiyana, salah seorang pelajar yang mengikuti program Dayah RUMI pada tahun 2020 mengatakan ia sangat senang bisa belajar di sini secara gratis.

“Pengalaman saya belajar di Pesantren RUMI secara online sangat menyenangkan karena bisa mendapatkan pemahaman ilmu agama langsung dari ustadz dan ustadzah di Pesantren, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah.”

Ustazah Ummi Habibah, salah seorang pengajar di Dayah RUMI mengatakan siapa saja bisa belajar tanpa batas usia, baik remaja maupun orangtua, laki-laki atau perempuan. Secara langsung di Dayah RUMI atau secara online melalui aplikasi Zoom.

“Seharusnya dengan adanya kemudahan teknologi informasi ini membuat kita lebih termotivasi untuk belajar karena tanpa batasan ruang dan waktu, dimana saja dan kapan saja bisa belajar. Apalagi belajar adalah kewajiban kita sebagai insan,” Tambah Dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh & Direktur BIMBEL RUMI.

Tinggalkan Balasan