Peringati Maulid Nabi, TPA Dayah RUMI Adakan Lomba Tingkat Gampong Lapang

0
5063

TPA Dayah RUMI (Raudhatul Ulum Munirul Islam) Lapang akan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar SD/MI & TK yang tinggal atau sekolah & mengaji di Gampong Lapang, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

Pengasuh TPA Dayah RUMI, Ustazah Ummi Habibah, M.Pd.I pada hari Ahad, 30/10/2022 mengatakan ini adalah peringatan Maulid ketiga yang diselenggarakan oleh TPA Dayah RUMI Lapang sejak didirikan secara resmi pada tahun 2019 lalu.

“Setiap tahun kami selalu mengadakan lomba untuk memotivasi murid. Uniknya kami membuat aturan yang membolehkan murid mengikuti semua lomba yang diinginkan, walaupun nanti akan dipilih 1 lomba dengan nilai tertinggi. Tujuannya untuk mengetahui minat & mengasah bakat mereka. Disamping itu, peluang untuk mendapatkan juara juga semakin besar,” kata dosen STAIN Meulaboh ini.

Lomba yang akan diselenggarakan yaitu: lomba azan, mewarnai masjid, pidato, baca kitab jawo, tilawah, tartil, hafalan juz 30, hafalan surat pendek, hafalan do’a sehari-hari, cerdas cermat, dan berhitung. Sistem penilaian dibagi berdasarkan klasifikasi tingkatan kelas.

Ustazah Adelfa, M.Pd, ketua panitia menjelaskan peringatan maulid nabi & perlombaan ini akan diadakan mulai hari minggu, tanggal 20 November 2022, dan pendaftaran sudah dibuka mulai hari ini.

“Pendaftaran sudah dibuka mulai hari ini, baik secara langsung di TPA Dayah RUMI Ujong Beurasok Lapang setiap sore ataupun secara online di link ini: bit.ly/lombagamponglapang. Pendaftaran gratis & semua peserta terdaftar yang mengikuti lomba semuanya akan mendapatkan hadiah,” jelas dosen prodi PIAUD STAI Darul Hikmah.

Sementara itu Tgk. Rahmat Saputra, pendiri Dayah RUMI mengajak semua pelajar tingkat SD/MI & TK di Gampong Lapang untuk mengikuti perlombaan & peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

“Saya ingat betul ketika masih ngaji di TPA Alm.Tgk Affandi & TPA Alm.Tgk Zainal Abidin (Tgk Non), saat itu saya masih sekolah di SDN 3 Lapang, suasana peringatan hari besar Islam sangat meriah. Pernah saya mendapatkan juara lomba azan, itu senangnya bukan main. Bahagianya masih teringat sampai sekarang. Kebahagian itulah yang ingin kami transfer kepada para pelajar di Gampong Lapang agar semakin semangat mengaji & belajar,” terangnya seraya mengenang masa lalu.

Wakil Ketua HUDA Aceh Barat ini memiliki keinginan agar TPA Dayah RUMI dapat menjadi TPA unggulan terbesar di Aceh Barat dengan manajemen pendidikan yang baik & terintegrasi dengan konsep belajar sambil bermain di alam. TPA Dayah RUMI menempati areal seluas ± 1 Ha. Saat ini memiliki 5 balai pengajian & 9 dewan guru dengan berbagai tingkatan.

Tinggalkan Balasan