7:33 am - Selasa September 22, 2020

[TJ] Google Earth Dijadikan Dasar Penentuan Arah Kiblat

1557 Viewed
Arah Kiblat, Arah Kiblat Online
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Tanya:

Bisakah Google earth dijadikan dasar penetuan arah kiblat? Karena citra pada google earth pada setiap meter permukaan bumi terlihat jelas banget. Dan bagaimana jika kiblat di mesjid yang selama ini kita sholat adalah salah. Bagaimana hukumnya?
Konon menurut google earth, ada beberapa mesjid yang mengarah ke telaviv, israel. bukan ke ka’bah

 

Jawab:

Sudah menjadi pengetahuan umum dalam Islam bahwa shalat harus menghadap Qiblat. Bagi orang yang ada di lingkungan ka’bah atau mekkah bisa langsung dengan tepat lurus ke ka’bah. Sedangkan untuk orang jauh dari ka’bah, seperti orang indonesia, maka berusaha untuk mencari tahu (arah) qiblat/ka’bah. Berusaha untuk mencari tahu itu dengan menggunakan tanda-tanda, di antaranya menggunakan rashdu al-Qiblah, yaitu ada waktu-waktu tertentu di mana matahari tepat ada di atas ka’bah. Sedangkan untuk google earth, tentu juga bisa digunakan asalkan akurasi sangat bagus, dan memang hal itu yang kita tahu selama ini. Kesimpulannya google earth bisa dijadikan alat untuk mengetahui arah Qiblat.

Untuk persoalan beberapa mesjid yang menghadap ke telaviv menurut google earth, sesungguhnya tidak masalah walaupun tidak mengarah secara lurus ke ka’bah karena memang sulit untuk meluruskannnya. Di samping itu, para ulama’ itu (bahkan di kalangan syafi’iyah) tidak mengharuskan lurus ke dzat ka’bah, bisa cukup dengan menghadap arah qiblat. Dan ini tentu lebih mudah diterapkan untuk muslim di Indonesia daripada masih sulit-sulit harus lurus ke dzat ka’bah.

 

Ket: Rubrik TJ atau Tanya Jawab ini diasuh oleh Tim Redaksi Cyber Dakwah bekerjasama dengan Ma’had Aly – Pesantren Sukorejo Situbondo Jawa Timur. Pertanyaan dapat dikirimkan via email: timredaksicyberdakwah@gmail.com

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

[TJ] Hukum Menjual Barang dengan Dua Harga

Zakat Harta Temuan (Harta Karun), Zakat, Zakat Harta, Zakat Harta Temuan, Zakat Harta Karun

[TJ] Zakat Harta Temuan (Harta Karun)

Related posts