8:58 am - Rabu September 23, 2020

Pesan Paus pada Umat Islam Jelang Idul Fitri

1309 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Paus Fransiskus menyerukan toleransi dan rasa saling menghargai antar umat Kristen dan Islam. Dia mengatakan, pendidikan toleransi beragama haruslah ditekankan dalam pendidikan para pemuda.

Hal ini disampaikannya dalam pesan pribadinya untuk pemeluk agama Islam di seluruh dunia jelang Idul Fitri pekan depan, seperti dilansir CNN, Jumat 2 Agustus 2013. Biasanya, pesan itu ditulis oleh Vatikan dan tinggal dibacakan oleh Paus. Namun kali ini, Paus Francis sendiri yang menulisnya.

“Tahun ini, tahun pertama Kepausan saya, saya memutuskan untuk menulis pesan tradisional ini sendiri dan membacakannya pada kalian, kawan-kawan saya, sebagai bentuk penghargaan dan persahabatan untuk seluruh Muslim, terutama para pemuka agama,” tulis Paus.

“Tahun ini, tema yang ingin saya angkat kepada Anda dan semua orang yang membaca pesan ini adalah satu hal yang jadi perhatian umat Muslim dan Kristiani: Mempromosikan Toleransi melalui Pendidikan,” lanjutnya lagi.

Francis mengatakan bahwa pesan ini harus diterapkan semua orang, dengan menghargai kehidupan, martabat dan hak-hak setiap manusia.

“Terkait pendidikan pemuda Muslim dan Kristen, kita harus bisa membuat mereka untuk berpikir dan berbicara dengan penuh hormat soal agama lain dan para pengikutnya, dan menghindari dari mengejek atau merendahkan keyakinan dan ibadah pemeluk agama lain,” kata Paus.

Tema yang sama sebelumnya disampaikan Francis pada kunjungannya ke Brasil untuk Hari Pemuda Dunia. Dalam pesannya kala itu, Paus menekankan perlunya dialog dengan para pemuka agama Islam.

“Kita perlu menekankan lagi pentingnya dialog dan kerja sama antara umat beragama, terutama Kristen dan Islam, dan perlunya kerja sama itu ditingkatkan,” kata Paus dalam pidato yang juga diterjemahkan dalam bahasa Arab itu. (Viva)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Syi’ar, Teror dan Tenar?

Solusi Ampuh Untuk Mengatasi HIV/AIDS

Related posts