4:00 pm - Sabtu September 18, 0455

HIPSI Gandeng ISNU Adakan Pelatihan Kewirausahaan

1494 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Pasuruan, Cyberdakwah — Pengusaha tangguh lahir tidak dengan tiba-tiba. Dibutuhkan sejumlah pengetahuan, pengalaman dan jaringan yang kuat agar lahir usahawan yang teruji. Hal ini semakin mendesak dilakukan kepada para santri.
Selama tiga hari (17-19/12/2014), sebanyak 80 santri dan kader muda Nahdlatul Ulama dari berbagai pesantren mengikuti workshop entrepreneurship hasil kerjasama antara Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Santri (HIPSI) dengan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama atau ISNU. Kegiatan ini dilangsungkan di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) PT. HM. Sampoerna TbK Sukorejo Pasuruan Jawa Timur.
Berbeda dengan acara yang bersifat teori, selama pelatihan para peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman langsung dari narasumber yang berlatar belakang wirausahawan. Mochamad Ghozali, Ketua HIPSI menandaskan bahwa ”Acara ini menghadirkan beberapa pengusaha bidang kuliner, peternak sukses yang telah memiliki cabang di sejumlah kota, serta pengusaha di sektor lain,” katanya lewat release-nya ke sejumlah media termasuk Cyberdakwah (18/12/2014).
Di antara para pengusaha tersebut adalah Abah Warji yang memiliki usaha bakso dari Kediri yang mempunyai belasan outlet. Demikian juga ada mas Eko Kampoeng Padi yakni peternakan sapi, kambing, perikanan air tawar dan pertanian terpadu. “Dari narasumber inilah nantinya para peserta dapat menindaklanjuti materi untuk memperkuat perekonomian di kalangan santri,” tandasnya. Para peserta juga menerima materi budidaya ternak sapi dan kambing serta perikanan hingga bagaimana pengolahan kotoran sapi
Mochamad Ghozali menandaskan bahwa para peserta tidak hanya dibekali teori dan bimbingan selama kegiatan berlangsung, juga akan dipandu dalam menyelesaikan sejumlah masalah saat membuka usaha. “Peserta diberi materi kewirausahaan yang bisa ditindaklanjuti sesuai keahlian dan potensi di tempat masing-masing,” terangnya. Dan jenis apapun usaha yang akan digeluti baik perdagangan maupun produksi, HIPSI siap mendampingi hingga usaha berjalan sesuai harapan, lanjutnya.
Saat acara pembukaan kegiatan yakni Rabu (17/8) tampak hadir Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Juga Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Son Haji Abdussomad, Arief Triastika (relation regional manager HM Sampoerna), sejumlah kepala dinas di pemerintah kabupaten Pasuruan, serta undangan tokoh masyarakat lain.
Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan untuk kader muda yang digagas HIPSI dan ISNU ini. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena turut ikut serta meningkatkan perkonomian masyarakat Pasuruan dan mengurangi pengangguran,” tandasnya.

Selama kegiatan peserta berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke sentra UKM binaan PPK Sampoerna di Tamandayu. Demikian juga mereka mendapatkan informasi perihal kesempatan serta regulasi yang berkait dengan dinas pertanian, juga perikanan. (s@if)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dakwah Harus Lebih Menarik dan Inovatif

Katib Syuriah PWNU Jatim: Soal Syi’ah, Sikap NU Jelas

Related posts