7:36 am - Selasa November 24, 2020

Cara Membahagiakan Orang Tua yang sudah Meninggal

4128 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Cara Membahagiakan Orang Tua yang sudah Meninggal

“Katakanlah: Beramallah karena sesungguhnya Allah akan melihat amalanmu, begitu juga RasulNya dan orang-orang beriman” (QS. At-Taubah 105)


Al Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan:
Disebutkan bahwa perbuatan orang-orang yang masih hidup itu akan diperlihatkan pada orang-orang yang telah meninggal dari saudara-saudara dekatnya yang sudah berada di alam barzah.

Selanjutnya Ibnu Katsir rahimahullah menampilkan hadits Abu Dawud At-Thayalisi dengan isnadnya sendiri dari Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwa ia berkata,

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “Sesungguhnya amal perbuatan kalian akan ditampilkan di hadapan kaum kerabat dan keluarga kalian. Jika amalan itu baik, maka mereka merasa gembira, dan jika tidak maka mereka mengatakan, ‘Ya Allah, ilhamilah mereka agar melakukan ketaatan kepada-Mu’.”

Imam Ibnul Mubarak rahimahullah meriwayatkan dengan isnadnya dari Abu Darda’ bahwa dia berkata, “Sesungguhnya amal perbuatan kalian itu diperlihatkan kepada orang-orang yang sudah mati di antara kalian, lalu mereka menjadi gembira atau sedih.”

Kemudian beliau berkata, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari melakukan suatu amalan yang membuat sedih pamanku, Abdullah bin Rawahah.”

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “Amal perbuatan itu diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis kepada Allah dan para Nabi. Dan pada hari Jum’at kepada para bapak dan ibu lalu mereka merasa gembira dengan kebaikan amalan mereka dan wajah mereka semakin putih berseri dan cemerlang karenanya. Maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kalian membuat orang-orang yang sudah meninggal itu tersakiti.”

***

Maka jika kita merasa belum banyak berbuat baik kepada orangtua atau keluarga, sedang mereka telah meninggal…

Salah satu cara untuk membuat mereka bahagia adalah dengan bergegas berbuat kebaikan…

Jika kita adalah seorang suami, maka jadilah suami yang baik. Penuhilah hak-hak ibu, istri dan anak-anak.

Jika kita adalah seorang istri, maka jadilah istri yang salihah. Perbanyaklah di rumah, semakin taatlah kepada suami serta rawatlah rumah dan anak-anakmu dengan baik.

Jika kita adalah seorang anak yang masih menempuh pendidikan, maka bersungguh-sungguhlah untuk menuntut ilmu dien dan dunia untuk kemudian beramal demi kemaslahatan umat Islam.

Dan peran-peran lainnya yang senantiasa menunjukkan amalan-amalan salih…

Sehingga dengannya, orangtua atau karib kerabat kita merasa bergembira dan mendapatkan balasan yang baik atasnya.

Sumber : Karena Wanita Ingin Dimengerti

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Membaca Al-Qur’an dengan Laras Salendro

BEBERAPA CARA AGAR MUDAH MENUNDUKKAN PANDANGAN

Related posts