4:01 pm - Jumat September 29, 0434

Mahasantri Ikut Mata Kuliah Legal Drafting

166 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

CyberDakwah.COM.Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga melaksanakan kegiatan bimbingan legal drafting bersama Bapak M. Syauqi, S. HI., SH., MH, pada hari Jum’at kemarin (17/01/2020). Mata kuliah tersebut dilaksanakan dalam kuliah umum yang diikuti oleh mahasantri yang tergabung dalam tiga semester, yaitu semester delapan, enam dan empat.

Kegiatan ini berangkat dari hasil pertemuan Abi MUDI bersama Menteri Agama Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi beberapa waktu yang lalu. Dalam pertemuan itu Menteri Agama menyampaikan keresahannya akan urgensi perancang undang-undang negara dari unsur pondok pesantren. Bapak Syauqi menyampaikan bahwa sudah saatnya santri berkiprah lebih jauh dalam sistem negara, salah satunya dalam menyusun dan merancang perundang-undangan. Oleh karena itu, legal drafting yang menjadi bagian ilmu menyusun dan merancang undang-undang tersebut dinilai perlu dikuasai oleh mahasantri yang notabene-nya adalah santri tingkat perguruan tinggi, sehingga menjadi sasaran yang linear karena potensi yang didukung secara formal. Dengan berbekal materi yang diberikan para mahasantri diharapkan mampu mentransformasikan isi kitab kuning ke dalam bentuk undang-undang.

Memahami persoalan legal drafting merupakan suatu keniscayaan bagi Mahasantri Ma’had Aly, agar mampu menuangkan materi dari kitab kuning dalam bentuk regulasi pemerintah dan draft perundang-undangan. Lebih-lebih lagi untuk wilayah Aceh yang menerapkan qanun Syariat Islam, maka sangat diperlukan adanya lulusan dari Ma’had Aly yang mampu menjawab tantangan penerapan Syariat Islam tatkala dihadapkan dengan persoalan regulasi dan perundang-undangan.(Mudimesra)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
KH Fuad Affandi Fokuskan Pesantren pada Pertanian

KH Fuad Affandi Fokuskan Pesantren pada Pertanian

Empat Lembaga Kunjungi Ma’had Aly Situbondo Banding

Empat Lembaga Kunjungi Ma’had Aly Situbondo

Related posts