Konferensi Ulama Internasional Akan Digelar Di Ponpes Sukorejo Situbondo

3
120

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo bekerjasama dengan Internasional Conference of islamic Scholars (ICIS) akan menyelenggarakan Konfrensi Internasional dengan tema “ Konsolidasi jaringan Ulama Internasional dalam meneguhkan kembali nilai-nilai Islam moderat yang akan diselenggarakan pada tanggal 28-30 Maret 2014 di PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.

Dalam rapat persiapan di Pendopo Pengasuh Sukorejo KH. Hasyim Muzadi menuturkan bahwa pelaksanaan konfrensi internasional ini saya bantu karena ada amanah dari Alm. KHR. Achmad Fawaid As’ad, beliau datang kerumah saya sekeluarga yang didampingi H. Misbah dan Ikram Hasan, minta agar dalam satu abad pondok Sukorejo nanti agar diselenggarakan pertemuan Ulama Internasional. Kyai Fawaid dawuh agar pondok Sukorejo ini dikenalkan ke dunia internasional dan beberapa hasil keputusan munas dan muktamar NU di Situbondo tahun 1984, 1985 yang mencetuskan tentang nilai-nilai Islam moderat dan khithah NU dapat dipahami oleh tokoh-tokoh Islam internasional.

Kyai Hasyim juga menyampaikan saat Alm. Kyai Fawaid ditanya kenapa harus saya yang harus bantu ? jawabnya Kyai Fawaid karena Kyai Hasyim dulu yang juga ikut serta dalam kepanitian munas dan muktamar di Situbondo. Jadi Pondok pesantren Sukorejo merupakan tempat bersejarah dimana ditempat ini keputusan penting tentang NU, bangsa dan negara disambungkan melalui penerimaan pancasila sebagai Azaz tunggal.

Oleh karena itu saya minta kepada KH. Afifuddin Muhajir supaya menjadi narasumber dalam acara konfrensi untuk menjelaskan hubungan pancasila dengan agama, bangsa dan negara lengkap dengan dalil-dalil syar’inya. Semoga acara konfrensi ini dapat memberi masukan dan manfaat terhadap kondisi negara-negara timur tengah yang saat ini terus menerus dilanda konflik.

Sedangkan narasumber dari luar negeri antara lain : Prof. Dr. Syekh Wahbah Az Zuhaili (Syiria), Prof. Dr. Ali Jum’ah (Mesir) Syekh muhammad yisif (Mufti Maroko), Syekh Abdul karim Ad Dhibaghi, Syekh Hasani Lancene Bin Muhammed, dan juga masih banyak beberapa Syekh dan mufti dari negara timur tengah yang akan hadir dalam acara tersebut.

3 KOMENTAR

  1. assalamualaikum, saya mau bertanya, itu acaranya untuk umum apa hanya untuk undangan?

  2. Assalumualaikum Wr. Wb.

    Mohon informasi mengenahi konferensi di atas…

    Apa konferensi di atas diselenggarakan untuk umum? dan untuk bisa mengikuti acara tersebut apa diperlukan prosedur tertentu, sperti harus mendaftarkan diri dahulu dg mengisi formulir dan lain-lain? kemudian, karena acaranya berlangsung selama 3 hari, apa di sana juga di sediakan penginapan bagi peserta ?

    terimakasih atas infonya…

Tinggalkan Balasan