3:17 am - Sabtu Desember 7, 2019

Pekerjaan Yang Paling Disukai Allah Dan Manfaatnya

3996 Viewed

Pekerjaan Yang Paling Disukai Allah Dan Manfaatnya

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat, sesungguhnya Allah berserta orang-orang yang sabar” (QS,2,153). “Sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan munkar,  sesungguhnya dzikrullah (sholat) adalah lebih besar ..” (QS, 29:45). “Dan orang-orang yang memelihara sholatnya, mereka itu kekal di surga lagi dimuliakan”. (QS, Al Maarij ; 34-35).

Salah satu kewajiban muslim adalah sholat 5 waktu, pada waktu yang ditentukan, “Sesungguhnya sholat itu adalah fardu yang di tentukan waktunya atas orang-orang beriman” (QS, 4:103) “.“Pekerjaan yang paling disukai Allah adalah shalat tepat waktu, berbuat baik kepada Ibu  Bapak dan setelah itu berjihad (berbuat baik) di jalan Allah” (Bukhari, Muslim). Adapaun uraian singkat mengenai sholat 5 waktu sebagai berikut :

1. Sholat Ashar

Waktu Ashar, ……Dan waktu sholat Ashar adalah sebelum Mega berubah menjadi menguning “ (HR. Muslim)..
Rasulullah bersabda, ‘Apabila salah seorang di antara kamu mendapatkan satu sujud (satu rakaat) dari shalat ashar sebelum matahari terbenam, maka hendaklah ia menyempurnakan shalatnya…” (HR. Bukhari). “ ….. Dan tidak boleh sholat setelah shalat Ashar, hingga matahari terbenam” (HR. Ad Darimi)

Manfaat Ashar,Siapa saja yang sholat Subuh dan Ashar, ia masuk surga” (HR. Muslim). “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit (subuh) dan sebelum tenggelamnya (Ashar)” (HR. Muslim)

Ancaman tidak sholat ashar,  Ibnu Umar berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang tertinggal oleh shalat ashar seolah-olah ia dirampas (kehilangan) keluarganya dan hartanya.“ (HR. Bukhari). Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar dengan sengaja maka Allah akan menggagalkan amalannya (usahanya)” (HR. Bukhari)

Manfaat Sunah Ashar, “Allah memberikan rahmat kepada orang yang melaksanakan shalat qabliyah / sunah Ashar empat rakaat” (HR. Abu dawud). “Siapa yang melaksanakan shalat (sunah) empat rakaat sebelum Ashar , Allah mengharamkan atasnya api neraka” (HR. Ath Thabrani)

2. Sholat Magrib

Waktu magrib, Salamah berkata, “Kami shalat maghrib bersama Nabi apabila matahari telah tertutup oleh tabir (yakni sewaktu matahari telah hilang dari horison).“ (HR Bukhori). “……..dan waktu Magrib adalah selama belum hilang warna merah di langut barat” (HR. Muslim)

Manfaat Sholat Magrib, “Umatku senantiasa dalam keadaan fitrah selama tidak mengakhirkan sholat magrib sehingga terlihat bintang-bintang (malam)” (HR. At Thabrani)

Sholat sunah Magrib, “Kami biasa melaksanakan shalat (sunah) dua rakaat pada masa Nabi setelah matahari tenggelam, yakni setelah masuk waktu magrib”. (HR. Muslimi). “Shalat yang paling utama disisi Allah adalah sholat Magrib, maka siapa yang melaksanakan shalat (sunah) dua rakaat setelahnya Allah akan membangun rumah untuknya di surga” (HR. At Thabrani).

3. Sholat Isya

Waktu Sholat Isya, “Lakukanlah shalat Isya antara hilangnya warna merah di barat hingga sepertiga malam” (HR. An Nasa’i). 
Lebih baik sholat diawal waktu, namun untuk Isya bisa juga agak mundur jika masih ada keperluan, “Sesungguhnya Rasulullah tidak melarang sholat Isya di akhir waktu hingga pertengahan malam. Dan beliau tidak menyukai tidur sebelum Isya, juga tidak menyukai berbincang – bincang (ngobrol) setelah Isya” (HR. Muslim)”Nabi mengakhirkan shalat isya pada bagian waktu yang akhir”.(HR. Bukhori) “Nabi senang mengakhirkannya.“ (HR Bukhori).

Manfaat sholat isya ;

1. Pahala yang besar.  Sholat terberat adalah sholat Isya dan Subuh, padahal seandainya mereka mengetahui pahala kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak”. (HR Ahmad)*
2. Pahala sholat separo malam, “Barang siapa melaksanakan sholat Isya secara berjamaah, maka ia seperti sholat malam separoh malam……” (HR Muslim).

3. Bebas dari Munafik dan syirik, “Barangsiapa berjamaah dalam shalat subuh dan Isya maka baginya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari kemunafikan dan kebebasan dari kemusyrikan” (HR. Abu Hanifah)

Larangan pada sholat isya, “Jika salah satu dari kalian (kaum perempuan) datang menunaikan shalat Isya berjamaah, maka janganlah memakai wewangian”. (HR. An Nasa’i)

Sholat sunah Isya. “Barang siapa secara rutin mengerjakan duabelas rakaat shalat sunnah, akan dibangunkan rumah di Surga : Empat rakaat sebelum Dzuhur, Dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah magrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh” ( HR. Bukhari)

4. Sholat Subuh.

Sebelum sholat Subuh sebaiknya di awali dengan sunah Fajar/subuh, “Sholat sunah Fajar tidak
dilakukan kecuali bila sudah masuk waktu Subuh / selesai azan Subuh” (HR Muslim). “Dua rokaat sholat sunah Fajar adalah lebih baik dari pada dunia dan seisinya”.(HR Muslim). “Dua rakaat itu lebih aku sukai dari pada dunia dan seluruh isinya” (HR Muslim).
“Barang siapa yang belum melaksanakan sholat dua rokaat sunah Fajar, hendaknya melaksanakannya setelah matahari terbit”. (HR Syaukani)*. “ Dua rokaat sholat sunah Fajar janganlah engkau tinggalkan, walaupun engkau dalam perjalanan yang jauh” (HR Ahmad).

Waktu sholat Subuh “Dan waktu shalat subuh adalah dari fajar sampai sebelum matahari terbit. Pada saat matahari terbit, maka janganlah kamu shalat”.(HR. Muslim). “Bersabarlahkamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah (sholat) dengan memuji Tuhanmu , sebelum terbit matahari (Subuh) dan sebelum terbenamnya matahari” (Ashar). ( QS 20:130).

“Barang siapa yang mendapatkan satu rokaat sholat Subuh sebelum matahari terbit, maka ia telah mendapatkan Subuh “( HR. Bukhori). “ Tidak boleh sholat setelah sholat subuh hingga matahari terbit (setinggi busur panah)…..  ” (HR Ad Darimi)

Manfaat sholat subuh;

1. Dalam jaminan Allah, ”Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan Nya kepada kalian dengan sebab apapun”. (HR Muslim).
2. Mendapat pahala yang besar, “Sholat terberat adalah sholat Isya dan Subuh, padahal seandainya mereka mengetahui pahala kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak”. (HR Ahmad)*
3. Masuk surga, “Siapa saja yang sholat Subuh dan Ashar, ia masuk surga” (HR Muslim). “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit /subuh dan sebelum tenggelamnya/Ashar” (HR Muslim)
4. Diangkat ke tempat terpuji, “Dirikanlah sholat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikan pula sholat Subuh, sesungguhnya sholat Subuh disaksikan oleh malaikat” (QS 17:78). “Mudah-mudahan Allah mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS 17:79).
5. Pahala sholat sepenuh malam. “….Dan barang siapa melaksanakan sholat Subuh berjamaah, maka ia seperti sholat malam, satu malam penuh” (HR Muslim).

 5. Sholat Zhuhur.

Waktu Zhuhur. “Waktu sholat Zhuhur adalah ketika matahari condong, sampai bayangan seseorang sama dengan panjang tubuhnya, sebelum waktu Ashar tiba” (HR Muslim). Rasul bersabda : “Tunggu redup…. tunggu redup,… Matahari yang sangat panas adalah percikan api neraka jahanam, maka tahanlah shalat kalian hingga kita melihat bayangan menjadi condong” (HR. Bukhari)

Manfaat Sholat Sunah Zhuhur, “Siapa yang sholat (sunah) empat rakaat sebelum Zhuhur dan empat rakaat setelah Zhuhur, maka Allah swt mengharamkannya masuk neraka” (HR. Abu Dawud).
“Barang siapa secara rutin mengerjakan duabelas rakaat shalat sunnah, akan dibangunkan rumah di Surga : Empat rakaat sebelum Dzuhur, Dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah magrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh” ( HR. Bukhari)

Penutup 

“Apa pendapat kalian ada sungai / kolam didekat pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu dia  mandi di sana lima kali dalam sehari, apakah masih tersisa dakinya?”. Sahabat : tidak akan tersisa sedikitpun dakinya”. Beliau bersabda :“Demikian  perumpamaan   shalat  lima waktu, Allah menghapus berbagai kesalahan dengannya”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Hurairah).

“Shalatlah dengan berdiri, jika tidak mampu maka dengan duduk, jika tidak mampu maka dengan berbaring, jika tidak mampu maka gunakan isyarat”. (HR Bukhari)*

Akan sangat baik jika kita bisa menyampaikan kepada keluarga/teman, “Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun” (HR. Muslim).

Sumber : The Straight Way

 

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Bolehkah Wanita Menjenguk Laki-Laki Bukan Mahram Yang Sedang Sakit??

Jangan Menceritakan Kecantikan Wanita Lain Kepada Suami

Related posts