2:18 am - Sabtu September 26, 2020

Testimony Titin; Cyber Dakwah Mudah, Murah, dan Cepat

1105 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Adanya gerakan dakwah secara online yang akhirnya muncul istilah cyber dakwah, merupakan kegiatan positif untuk menyampaikan pesan-pesan ke-Islam-an ke seluruh dunia. Kemunculannya pun bukan tanpa alasan, alias“tiba-tiba ada”, tetapi juga melalui persiapan yang matang. Sehingga bisa menghasilkan website/blog islami dengan isi dan tampilan yang menarik, komunitas-komunitas virtual yang saling berinteraksi mendiskusikan tema ke-Islam-an melalui jejaring sosial, dan lain sebagainya.

Apalagi cyber dakwah lebih banyak dikelola oleh anak muda. Hal ini menunjukkan bahwa anak muda juga bisa berkontribusi untuk mendakwahkan Islam. Atau bisa dikatakan cyber dakwah menjadi tempat dakwahnya anak muda. Walaupun tidak menutup kemungkinan siapapun  yang mau dan mampu menggunakan internet, bisa memanfaatkannya.

Cyber dakwah memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya: mudah, murah, dan cepat. Mudah, karena semua orang bisa menggunakan atau memanfaatkan internet. Murah, karena tidak membutuhkan banyak biaya, paling hanya biaya untuk membeli paket atau pulsa agar terhubung dengan jaringan internet. Cepat, karena tidak membutuhkan waktu yang lama agar tulisan atau apapun yang akan dibagikan di dunia online bisa diakses semua pengguna internet. Bukan hanya ketiga kelebihan itu saja, cyber dakwah juga manjadi pelengkap media dakwah lainnya agar lebih maksimal. Contoh saja ada TV Streaming dan Radio Streaming.

Materi yang bisa disampaikan dalam cyber dakwah juga bisa lebih banyak, bukan hanya tentang akidah Islam tetapi lebih disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan khalayak umum. Hal tersebut juga akan terdokumentasi dengan baik. Seseorang bisa mengaksesnya kapan pun.

Tidak salah kalau dakwah melalui media online menjadi pilihan yang sesuai di era sekarang. Meskipun gerakan dakwah secara online tergolong masih baru, namun gerakan ini dirasa cukup efektif dan efisien. Adanya cyber dakwah menunjukkan bahwa Islam tidak hanya mendalami soal akidah saja, bidang-bidang yang lain pun juga digarap. Gerakan dakwah online juga menunjukkan kalau orang-orang Islam juga mencari variasi baru untuk menyampaikan ajarannya agar tidak monoton, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas perkembangan zaman seperti internet.

Sehingga gerakan dakwah secara online dengan website atau jejarang sosial yang sudah menjamur harus dikembangkan. Oleh karena itu, Saya senang bisa menjadi bagian dari cyber dakwah yang turut memberikan kontribusi (walaupun sedikit) tentang pengetahuan ilmu agama. Karena menurut pandangan subjektif saya, berdakwah melalui online ini menjadi sesuatu yang menyenangkan karena disamping kita bermain-main di dunia maya ternyata bisa memberikan informasi bermanfaat kepada orang lain. Berdakwah pun tidak menjadi beban karena  kewajiban, melainkan kesukarelaan dan keikhlasan. Harapannya untuk kedepan, akan semakin banyak anak-anak muda yang peduli untuk mengembangkan cyber dakwah.

Oleh: Tinwarotul Fatonah

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Testimony Ahmad Zakaria; Sumbangsih Dakwah Melalui Media Online

Testimony Hendra Saputra; Cyber Dakwah dan Gerakan Dakwah Secara Online

Related posts