8:44 am - Rabu Juli 8, 2020

Ini Penjelasan Gus Baha tentang Keistimewaan Ayat Kursi

64 Viewed
Diskon 50% Website Dayah & Sekolah

Dari sekian banyak ayat Al-Quran, ada salah satu ayat yang disebut paling istimewa, yakni Ayat Kursi dalam Surat Al-Baqarah, ayat 255. KH Bahauddin Nur Salim atau yang populer dengan panggilan Gus Baha menjelaskan keistimewaan Ayat Kursi.

Gus Baha lebih dulu menjelaskan ketika Ayat Kursi disebut istimewa, itu bukan berarti ayat yang lain tidak istimewa. Semua ayat Al-Quran itu istimewa. Karena ayat Al-Quran adalah kalam Allah.

“Semua ayat Quran itu spesial karena kalam (firman) Allah. Namun ada ayat-ayat yang Allah sendiri memberi kekhususan,” terangnya.

Nabi Muhammad Saw kata Gus Baha juga sangat memuji Ayat Kursi. Karenanya ayat ini begitu istimewa.

Kanjeng Nabi (Muhammad) sendiri memuji ayat ini. Kata beliau “Saya punya ayat yang aku ambil dari Tanzil Arsy’, lalu beliau membacakan ayat kursi. Jadi kata Kanjeng Nabi, semua ayat Al-Quran itu diambil (diterima) di bumi.

“Tapi khusus ayat kursi beliau mengambilnya di Arsy, atau langit,” katanya.

Jika dibaca, kata Gus Baha, isinya memang istimewa, khusus mengenalkan Allah segala sifatnya (karakternya). Bagi siapa yang membacanya akan merasa tenang, karena menggambarkan bagaimana luasnya kuasa Allah.

“Kanjeng Nabi senangnya luar biasa dengan ayat ini, sampai-sampai beliau tidak tidur sebelum membacanya,” tutur Gus Baha.

Kalimat pertama misalnya, artinya: “Allah, tidak ada Tuhan selian Dia, Dzat yang maha hidup dan tidak bergantung pada dzat lain (dalam mengurus segala sesuatu), tidak pernah ngantuk dan tidak pernah tidur…

“Jadi kita ini selalu diperhatikan. Ibarat anak kecil, kita pasti senang kalau terus ada yang menjaga dan memperhatikan”

“Ayat berikutnya artinya: “Milik Allah segala yang di langit dan bumi.” Ini membuat kita tenang. Coba apa jadinya, kalau alam ini milik orang, segala kita pasti disuruh bayar,” tandasnya. (Laduni)

(Norma Margareta, Bieb wali Nadzhroh Saadah Aulia Tis’ah)

Diskon 50% Website Dayah & Sekolah
Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

4 Perbuatan Ini Bisa Mendatangkan Ridha Allah

Soal Pembatasan Ibadah Haji, Ini Pernyataan Sikap PBNU

Related posts